Monday, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019

Monday, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019

Replika Stupa Candi Borobudur Dihadirkan di Ukraina

Ahad 18 Aug 2019 08:52 WIB

Red: Nur Aini

Candi Borobudur

Candi Borobudur

Foto: Antara/Anis Efizudin
Replika stupa Candi Borobudur menjadi tanda kenangan persahabatan RI dan Ukraina

REPUBLIKA.CO.ID, KYIV -- Replika Stupa Candi Borobudur, simbol mahakarya nusantara berukuran sama dengan aslinya dibangun KBRI Kyiv di Kebun Raya Nasional MM Gryshko, Kyiv, ibu kota Ukraina. Replika tersebut diresmikan Dubes RI di Ukraina, Yuddy Chrisnandi, 17 Agustus bertepatan dengan HUT Ke-74 Kemerdekaan RI.

Acara peresmian berlangsung di Taman Indonesia di kawasan National Botanical Garden MM Gryshko Kyiv bertepatan dengan pelaksanaan Resepsi Diplomatik HUT Ke-74 Kemerdekaan RI dihadiri sekitar 400-an orang dari berbagai kalangan. Acara dimulai pada pukul 16.30 waktu setempat, ditandai dengan pemukulan gong tiga kali, langsung diikuti dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang membuat suasana khidmat dan mendebarkan, dan disambung dengan lagu kebangsaan Ukraina.

Baca Juga

Setelah itu, disusul dengan pidato sambutan peresmian replika Stupa Borobudur oleh Kepala Dewan Presidum National Academy of Sciences of Ukraine Prof Volodymyr Radchenko, otoritas yang membawahi Kebun Raya Nasional MM Gryshko, dan disambung Dubes Yuddy Chrisnandi, diikuti dengan prosesi peresmian stupa dan resepsi diplomatik HUT Ke-74 Kemerdekaan RI.

Dalam sambutannya, Prof Dr Volodymyr Radchenko, ilmuwan Ukraina menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia atas kerja samanya, serta mengapresiasi upaya KBRI dalam membangun replika Stupa Borobudur dan Taman Indonesia di wilayah kebun raya. Dubes Yuddy menyampaikan kegembiraannya dapat membangun replika stupa yang merupakan mahakarya nusantara, lambang simbol kebesaran peradaban bangsa Indonesia tersebut di Ukraina.

Pada kesempatan saat bangsa Indonesia merayakan 74 Tahun Kemerdekaan RI ini, Dubes Yuddy menyampaikan kepada rakyat Ukraina ucapan selamat menyambut Hari Kemerdekaan Ke- 28 Ukraina yang jatuh pada tanggal 24 Agustus mendatang. Atas nama pemerintah dan rakyat Indonesia, Dubes mempersembahkan replika Stupa Borobudur tersebut sebagai hadiah Hari Kemerdekaan Ukraina sekaligus sebagai tanda kenangan persahabatan abadi antara Indonesia dengan Ukraina.

"Stupa Borobudur ini adalah ungkapan cinta kasih bangsa Indonesia kepada rakyat Ukraina sebagai tanda kenangan persahabatan abadi yang akan tinggal selama-lamanya," ujarnya.

Di hadapan sekitar 400 tamu menyaksikan peresmian, Dubes Yuddy menyampaikan replika Stupa Borobudur tersebut merupakan sumber inspirasi kreatif bagi generasi penerus kedua bangsa Indonesia dan Ukraina yang akan menyatukan persahabatan abadi sebagai upaya kedua bangsa turut menciptakan perdamaian dunia. Dubes berharap kehadiran Stupa Borobudur di Ukraina itu memberi inspirasi bagi dunia tentang arti pentingnya persahabatan, dan cinta kasih umat manusia yang tanpa terbatas.

 

Replika Stupa Candi Borobudur dibangun selama 51 hari oleh tiga pekerja seni bangunan didatangkan dari Indonesia. Stupa berada di areal Taman Indonesia yang dibangun KBRI dan diresmikan pada 28 Oktober 2017 lalu di kawasan National Botanical Garden MM Gryshko di Kyiv, kebun raya terbesar di Kyiv termasuk terbesar di Ukraina memiliki ribuan spesies pohon dan tanaman tropis dan subtropis. Kebun raya seluas 1,2 km2 (120 hektare) ini dibangun pada 1932 merupakan obyek wisata tidak pernah sepi pengunjung.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA