Thursday, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Thursday, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

KBRI Beijing Gelar Balap Karung Hingga Dangdut di HUT RI

Ahad 18 Aug 2019 12:02 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) memberi hormat saat Upacara Penurunan Bendera Merah Putih dalam rangka HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) memberi hormat saat Upacara Penurunan Bendera Merah Putih dalam rangka HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Sekitar 600 orang mengikuti pesta rakyat dalam HUT RI di KBRI Beijing.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Langit cerah berawan, tepat pukul sembilan pagi, teks Proklamasi bergema di KBRI Beijing, Sabtu (17/8). Sembilan orang anggota Paskibra KBRI Beijing mengibarkan sang merah putih di langit Beijing yang dipimpin oleh Duta Besar RI selaku Inspektur Upacara sehingga terjadi prosesi pengibaran bendera dengan sangat khidmat.

Lantunan Rayuan Pulau Kelapa dan Maju Tak Gentar oleh Tim Aubade KBRI Beijing, turut dinyanyikan dengan lantang dan penuh semangat oleh segenap masyarakat Indonesia yang ikut serta dalam upacara. Seusai upacara, tarian Gemu Famire, Poco-poco dan Tobelo dipimpin oleh DWP dan staf KBRI Beijing serta masyarakat di lapangan upacara, semakin menambah kehangatan suasana. 

Baca Juga

Dalam keterangan tertulis KBRI Beijing, pesta rakyat yang mengusung panggung "Gempita Merdeka 74" sukses memeriahkan suasana HUT RI ke-74 di KBRI Beijing, tak lupa tentunya permainan tradisional khas tujuh belasan dengan semarak diikuti oleh para pengunjung baik anak-anak maupun dewasa, seperti lomba balap karung, helm air, estafet tepung, dan lain sebagainya.

Puncak kemeriahan terasa ketika panggung "Gempita Merdeka 74" mulai diisi dengan berbagai penampilan seni dari para musisi Indonesia, mahasiswa Indonesia dan Band KBRI Beijing yang baru terbentuk. Lagu nasional, lagu daerah, lagu top forty hingga penampilan tari, paduan suara dan pertunjukan Angklung dari Diaspora Indonesia dan grup Huaqiao (Tionghoa Perantauan) sukses mencuri perhatian sekitar lebih dari 600 orang pengunjung.

Hal tak kalah menarik, di sela-sela penampilan para pengisi acara juga dilakukan penarikan puluhan doorprize baik untuk dewasa maupun anak-anak. Sepeda lipat, alat elektronik, Handphone, Tas, jam tangan dan puluhan hadiah menarik lainnya menambah semarak Pesta HUT RI hari ini dan semakin mengobarkan semangat para tamu yang rela menunggu hingga sore hari. 

Tak ketinggalan, para hadirin juga menikmati berbagai masakan khas Indonesia untuk mengobati kerinduan kepada kuliner tanah air, seperti rendang, nasi goreng, mie goreng, dan lainnya. Suasana Gempita Merdeka semakin semarak saat musik dangdut khas tanah air dibawakan oleh artis kondang yang didatangkan langsung dari Indonesia. 

Lagu Hits Dangdut tanah air seperti Meraih Bintang, Goyang Dumang, Sayang, dan lainnya sontak membuat para hadirin yang sebagian besar adalah mahasiswa itu tak mampu menahan diri untuk naik ke atas panggung dan menggoyang panggung Gempita Merdeka KBRI Beijing. Di penghujung acara, lima orang yang beruntung membawa pulang masing-masing lima tiket perjalanan Beijing - Jakarta/Bali (pulang pergi), dan menutup kemeriahan HUT RI ke-74 dengan Gemu Famire dan Poco-Poco.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA