Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

HUT RI di Australia: Dari Pantai Sydney Hingga Potong Tumpeng di Canberra

Selasa 20 Aug 2019 02:08 WIB

Red:

abc news

abc news

Sebuah acara bernama Indonesia Raya Festival menjadi puncak perayaan.

Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 telah digelar di sejumlah kantor-kantor perwakilan Indonesia di Australia, termasuk upacara pengibaran bendera.

Di Canberra, upacara pengibaran bendera dilakukan di halaman Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dengan dipimpin oleh Duta Besar Y. Kristiarto S. Legowo.

Menurut KBRI Canberra, saat upacara berlangsung, Sabtu pagi (17/08), cuaca cukup dingin sekitar 5 derajat Celcius, tetapi dihadiri antusias oleh masyarakat dan diaspora Indonesia serta 'friends of Indonesia'.

Perayaan tersebut juga diramaikan dengan penampilan pidato dari Teagan Menhennet, seorang pelajar kelas 11 dari Goulburn Valley High School di Victoria.

 

Teagan adalah pemenang lomba pidato dalam Bahasa Indonesia yang digelar oleh Asosiasi Guru Bahasa Indonesia di negara bagian Victoria.

Dalam pidatonya, ia menekankan pentingnya hubungan bilateral Indonesia dan Australia dan meneriakkan 'Sekali merdeka tetap merdeka' di akhir pidatonya.

Usai upacara dilakukan pemotongan tumpeng oleh Dubes Kristiarto, dengan potongan pertama diberikan kepada Soegito Hardjodikoro, sesepuh warga Indonesia di Canberra dan potongan kedua diberikan kepada Joshlyne Edwina, Ketua PPIA Canberra yang mewakili generasi muda.

 

Upacara pengibaran bendera oleh KJRI Sydney dilakukan cukup berbeda, karena digelar di pantai Maroubra dan diikuti dengan acara panggung gembira.

Kepada ABC Indonesia, pihak KJRI Sydney mengatakan alasan dipilihnya ruangan terbuka untuk peringatan HUT RI adalah untuk menampung lebih banyak warga yang berpartisipasi.

Diperkirakan adalah lebih dari 500 orang yang hadir dengan upacara yang dipimpin langsung oleh Konjen Heru Hartanto Subolo. Nasi kuning dihidangkan secara parasmanan oleh KJRI Sydney untuk disantap oleh para pengunjung.

Penyanyi Lusi Rahmawaty, mantan personil kelompok musik AB Three juga mengisi acara hiburan di panggung, selain juga penampilan musik dari seniman-seniman Indonesia di New South Wales.

"Kita patut berbangga bahwa Indonesia saat ini telah mencatat capaian-capaian penting ... salah satunya, Indonesia merupakan negara anggota G-20 ... juga merupakan anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB," ujar Konjen Subolo dalam pidatonya.

 

Di Melbourne, peringatan HUT RI ke-74 digelar sampai tiga kali, dengan upacara pengibaran bendera yang digelar dua kali di kantor KJRI Melbourne dan lapangan Federation Square.

Sebuah acara bernama Indonesia Raya Festival menjadi puncak perayaan dengan mengambil tempat di kawasan Southbank. Selain menjual makanan Indonesia dari pemilik restoran dan katering di negara bagian Victoria, acara ini juga dihibur dengan penampilan musik dan kesenian daerah.

Musisi Balawan menjadi bintang tamu acara tersebut, namun White Shoes and the Couple Company yang tadinya diiklankan akan hadir telah batal hadir.

Simak kehidupan komunitas Indonesia di Australia hanya di ABC Indonesia dan bergabunglah dengan komunitas kami di Facebook..

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA