Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

Rohingya di Rakhine Nikmati Daging Kurban dari Indonesia

Senin 12 Aug 2019 14:05 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Nur Aini

Anak-anak Rohingya di depan kamp-kamp pengungsian di Rakhine

Anak-anak Rohingya di depan kamp-kamp pengungsian di Rakhine

Foto: PKPU
Seekor sapi kurban dari Indonesia didonasikan ke ratusan keluarga pengungsi Rohingya.

REPUBLIKA.CO.ID, RAKHINE STATE -- Pengungsi Rohingya di Rakhine State merayakan Idhul Adha 1440 Hijriah dengan sukacita. Pasalnya, setelah melaksanakan shalat Idul Adha ratusan keluarga pengungsi Rohingnya juga dapat menikmati daging kurban dari masyarakat Indonesia.

Baca Juga

Semarak Hari Raya Idhul Adha itu dirasakan oleh pengungsi Muslim Rohingya di Sarkipar, Rakhine State. Di tengah guyuran hujan, One Care bersama warga Rohingya lainnya menyembelih seekor sapi kurban. 

Sapi kurban yang didonasikan melalui program Kurban Asia-Afrika (KAA) itu disembelih pada Ahad (11/8) kemarin. Dagingnya kemudian dibagikan kepada sekitar 200 keluarga pengungsi Rohingya.

"Alhamdulillah, puji syukur yang tak terhingga. Senin, 12 Agustus 2019 di tengah guyuran hujan deras, relawan One Care telah mendistribusikan amanah masyarakat Indonesia berupa satu ekor sapi di daerah SarKipar Village, Rakhine State," ujar penanggungjawab program Kurban Asia Afrika (KAA), Hadyan Arifianto dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Senin (12/8).

Sapi kurban tersebut merupakan donasi dari masyarakat Indonesia dari berbagai daerah di Indonesia. Melalui program KAA, One Care menyalurkan hewan kurban ke pengungsi Rohingya di setiap tahun. Tahun lalu, pengungsi di SarKipar juga menerima tiga sapi dan empat kambing. Sedangkan tahun ini, pengungsi setempat menerima seekor sapi.

Menurut Arifianto, tidak mudah menyalurkan hewan kurban ke pengungsi Rohingnya di Rakhine State. Namun, dia memastikan bahwa amanah dari masyarakat Indonesia pasti akan disampaikan kepada masyarakat muslim dunia yang membutuhkan.

"Perjalanan yang tak mudah untuk menyampaikan amanah kurban dari masyarakat Indonesia ini bukanlah penghalang untuk terus berkhidmad buat saudara di Rohingya. Terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia yang telah ikut berpatisipasi dalam program Kurban Asia Afrika," kata Arifianto. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA