Senin, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019

Senin, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019

Untuk Kali Pertama Jerman Izinkan Anak Eks ISIS Pulang

Selasa 20 Agu 2019 22:50 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Gerakan ISIS (ilustrasi)

Gerakan ISIS (ilustrasi)

Foto: VOA
Jerman mengizinkan anak-anak eks anggota ISIS pulang kampung.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN— Jerman untuk pertama kalinya mengizinkan anak-anak dari orang tua terduga anggota ISIS pulang ke negara tersebut dari Suriah utara.

Menteri Luar Negeri Jerman, Heiko Maas, mengatakan pihaknya akan mendorong anak-anak lainnya untuk datang ke negara tersebut. 

Baca Juga

Seperti negara Barat lainnya, Jerman menghadapi keputusan yang rumit tentang bagaimana menangani warga negara yang berangkat ke Timur Tengah untuk bergabung dengan kelompok seperti ISIS, yang diusir dari kantong wilayah terakhir mereka pada Maret oleh pasukan dukungan AS.

Tiga dari empat anak Jerman yang dipulangkan adalah anak-anak yatim, menurut media setempat. "Kami akan mendorong anak-anak lainnya untuk meninggalkan Suriah," kata Maas pada Senin.

"Kebanyakan anak-anak muda, mereka tidak dapat mempertanggungjawabkan perbuatan orang tua mereka dan kami ingin melalukan sesuatu untuk membantu," kata dia.

Ribuan anggota ISIS, termasuk warga asing, perempuan dan anak-anak, ditahan otoritas pimpinan Kurdi di Suriah utara.

Pejabat intelijen Jerman mengatakan lebih dari 1.000 warga Jerman pergi berperang ke Suriah dan Irak, lokasi ISIS pernah menguasai petak-petak wilayah dalam kekhalifahan yang dideklarasikannya sendiri.

Sekitar sepertiga dari mereka telah kembali ke Jerman. Sementara itu sepertiga lainnya diyakini tewas dan sisanya diyakini masih berada di Irak dan Suriah.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA