Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

Drone Militer AS Ditembak Jatuh di Yaman

Rabu 21 Aug 2019 19:18 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini

Pesawat tanpa awak (Drone) Angkatan Udara AS (Ilustrasi)

Pesawat tanpa awak (Drone) Angkatan Udara AS (Ilustrasi)

Foto: VOA
Militan Houthi menembak jatuh drone yang dioperasikan pemerintah AS.

REPUBLIKA.CO.ID, SANA'A -- Sebuah pesawat tanpa awak atau drone militer MQ-9 Amerika Serikat (AS) ditembak jatuh di daerah pemerintahan Dhamar, Yaman, sebelah tenggara ibu kota Sanaa yang dikendalikan Houthi, Rabu (21/7). Seorang juru bicara militer Houthi sebelumnya mengatakan bahwa pertahanan udara memukul mundur drone AS.

Baca Juga

Para pejabat yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan pesawat AS itu ditembak jatuh pada Selasa malam. Hal itu bukan pertama kalinya sebuah drone AS ditembak jatuh di Yaman. Pada Juni, militer AS mengatakan bahwa militan Houthi telah menembak jatuh sebuah drone yang dioperasikan oleh pemerintah AS dengan bantuan dari Iran.

Pasukan AS kerap meluncurkan serangan pesawat dan drone terhadap kelompok pecahan dari Alqaeda, Yaman, yang dikenal sebagai Alqaeda di Semenanjung Arab (AQAP).

Salah satu pejabat mengatakan, bahwa pesawat itu ditembak jatuh oleh rudal darat-ke-udara yang dioperasikan oleh kelompok Houthi yang sama dengan Iran. Meski demikian, pejabat lainnya memperingatkan bahwa masih terlalu dini untuk mengatakan siapa yang bertanggung jawab atas insiden tersebut.

Penembakan drone terjadi ketika ketegangan antara Iran dan AS telah meningkat sejak pemerintahan Presiden Donald Trump tahun lalu keluar dari kesepakatan internasional yang membatasi pengembangan nuklir Iran. Sejak itu, Iran menjadi sasaran sanksi dari AS.  

 

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA