Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Trump: Pernyataan PM Denmark tak Pantas Diucapkan

Kamis 22 Aug 2019 07:59 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah

Presiden Amerika Serikat Donald Trump

Presiden Amerika Serikat Donald Trump

Foto: AP Photo/Pablo Martinez Monsivais
Trump batalkan kunjungan setelah ide pembelian Greenland ditolak Denmark.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan pernyataan Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen pelanggaran karena menyebut penjualan Greenland tidak masuk akal. Ia mengatakan pembelian AS atas wilayah otonom Denmark hanyalah sebuah ide.

"Saya pikir pernyataan perdana menteri itu jahat. Itu pernyataan yang tidak pantas," kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih sebelum berangkat ke acara di Kentucky, Rabu (21/8). 

PM Denmark menyebut gagasan itu absurd. Trump mengatakan, Frederiksen seharusnya mengatakan kepadanya negaranya tidak tertarik pada penjualan.

Komentar Frederiksen mendorong Trump membatalkan kunjungan pada September ke Denmark, Selasa (20/8). Trump mengonfirmasi kepada wartawan pada akhir pekan lalu ia baru-baru ini membahas kemungkinan pembelian pulau terbesar di dunia itu meski ia menyatakan langkah seperti itu bukanlah prioritas langsung dari pemerintahnya.

Penasihat Ekonomi Gedung Putih, Larry Kudlow mengatakan, Greenland merupakan tempat yang strategis dan memiliki banyak mineral berharga. Trump mengatakan pada Selasa Amerika telah lama mempertimbangkan untuk membeli Greenland. Ia menganggap pembelian itu sebagai ide yang bagus.

Baca Juga

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA