Kamis 22 Aug 2019 07:59 WIB

Trump: Pernyataan PM Denmark tak Pantas Diucapkan

Trump batalkan kunjungan setelah ide pembelian Greenland ditolak Denmark.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Presiden Amerika Serikat Donald Trump
Foto: AP Photo/Pablo Martinez Monsivais
Presiden Amerika Serikat Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan pernyataan Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen pelanggaran karena menyebut penjualan Greenland tidak masuk akal. Ia mengatakan pembelian AS atas wilayah otonom Denmark hanyalah sebuah ide.

"Saya pikir pernyataan perdana menteri itu jahat. Itu pernyataan yang tidak pantas," kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih sebelum berangkat ke acara di Kentucky, Rabu (21/8). 

Baca Juga

PM Denmark menyebut gagasan itu absurd. Trump mengatakan, Frederiksen seharusnya mengatakan kepadanya negaranya tidak tertarik pada penjualan.

Komentar Frederiksen mendorong Trump membatalkan kunjungan pada September ke Denmark, Selasa (20/8). Trump mengonfirmasi kepada wartawan pada akhir pekan lalu ia baru-baru ini membahas kemungkinan pembelian pulau terbesar di dunia itu meski ia menyatakan langkah seperti itu bukanlah prioritas langsung dari pemerintahnya.

Penasihat Ekonomi Gedung Putih, Larry Kudlow mengatakan, Greenland merupakan tempat yang strategis dan memiliki banyak mineral berharga. Trump mengatakan pada Selasa Amerika telah lama mempertimbangkan untuk membeli Greenland. Ia menganggap pembelian itu sebagai ide yang bagus.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement