Kamis 22 Aug 2019 11:36 WIB

Presiden Brasil Tuduh NGO Sengaja Bakar Hutan Amazon

Hutan Amazon merupakan benteng utama melawan perubahan iklim.

Presiden Brasil Jair Bolsonaro.
Foto: AP Photo/Eraldo Peres
Presiden Brasil Jair Bolsonaro.

REPUBLIKA.CO.ID, SAO PAULO -- Presiden sayap kanan Brasil Jair Bolsonaro menuduh organisasi nonpemerintah (NGO) melakukan pembakaran hutan hujan Amazon untuk mencoreng citra pemerintahannya setelah memangkas dana untuk mereka.

Pakar iklim dan lingkungan membantah klaim yang tak berdasar itu sebagai tabir untuk menutupi pembongkaran perlindungan hutan hujan tropis terbesar di dunia tersebut. Mereka juga mengatakan pembukaan lahan oleh para petani merupakan penyebab lonjakan kebakaran hutan.

Baca Juga

"Semuanya mengindikasikan NGO berangkat ke Amazon untuk membakar hutan tersebut," kata Bolsonaro melalui siaran langsung Facebook.

Saat ditanya apakah ia memiliki bukti yang memperkuat klaimnya, ia menjawab "tidak ada rencana tertulis", menambahkan "bukan begitu caranya." Mantan kapten militer yang terjun ke dunia politik itu berpendapat pemangkasan dana oleh pemerintahannya dapat menjadi motif.

"Kejahatannya ada. Orang-orang ini kehilangan uang," ujar dia.

Pernyataan terbaru Bolsonaro membuat geram para pecinta lingkungan, yang semakin khawatir dengan sikapnya terhadap hutan hujan Amazon. Hutan Amazon merupakan benteng utama melawan perubahan iklim dan lebih dari setengah dari hutan tersebut berada di Brazil.

"Ini pernyataan yang menyakitkan, pernyataan menyedihkan. Maraknya penggundulan hutan serta pembakaran merupakan akibat dari kebijakan antilingkungan presiden," kata Marcio Astrini, koordinator kebijakan umum Greepeace Brasil.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement