Thursday, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Thursday, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Selebritas Hollywood Salah Bagikan Foto Kebakaran Amazon

Sabtu 24 Aug 2019 09:10 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda

Kabut asap dampak kebakaran di hutan Amazon yang meliputi kota Porto Velho, Rondonia, Brasil.

Kabut asap dampak kebakaran di hutan Amazon yang meliputi kota Porto Velho, Rondonia, Brasil.

Foto: EPA-EFE/Roni Carvalho
Sejumlah selebritas Hollywood membagian foto yang salah soal kebakaran hutan Amazon.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dunia tengah memfokuskan perhatiannya pada krisis kebakaran yang melanda hutan hujan Amzon di BraSil. Selebritas Hollywood pun tak ketinggalan menunjukkan kepeduliannya.

Mereka ingin meningkatkan kesadaran untuk masyarakat lainnya terkait kebakaran Amzon. Namun, ada beberapa foto yang tidak akurat, yang mereka bagikan.

Baca Juga

Tengok saja unggahan aktor dan musisi Jaden Smith. Anak dari Jada Pinkett Smith and Will Smith itu berbagi gambar di Instagram dengan menunjukkan petak besar hutan terbakar dengan mengepul keluar.

“Hutan Hujan Amazon terbakar. Ini mengerikan. Salah satu karbon terbesar di dunia. Sebarkan ke seluruh dunia #theamazonrainforest.”

 

 

 

 

 

View this post on Instagram

 

 

 

 

 

 

 

 

 

The AMAZON Rain FOREST IS ON FIRE THIS IS TERRIBLE IT’S ONE OF THE BIGGEST CARBON SINKS IN THE WORLD, Spread The Word. #theamazonrainforest

A post shared by Jaden Smith (@c.syresmith) on

Seperti yang dilansir Fox News, Sabtu (24/8), bintang Youtube Logan Paul menanyakan apa yang bisa ia bantu untuk hutan hujan Amazon. Ia membutuhkan saran demi melakukan perubahan.

Paul juga menunjukkan foto-foto kebakaran menghancurkan hatinya.

“Ini adalah salah satu ekosistem terpenting di dunia. Apakah ada penggalangan dana, ajakan untuk bertindak, apa saja yang bisa saya manfaatkan untuk penonton saya tentang hal ini,” ujar Paul dengan mengunggah gambar yang sama di Twitter.

Kedua bintang ini memang berusaha meningkatkan kesadaran positif, tetapi gambar yang mereka pilih untuk dibagikan bukan kebakaran 2019. Gambar tersebut adalah gambar kebakaran Amazon yang dirilis oleh The Guardian pada 2007 dan tercatat diambil pada 1989.

Aktor peraih Oscar, Leonardo DiCaprio pun telah berbagi beberapa foto kebakaran Amazon di Instagram dengan maksud yang sama. Hanya saja, salah satu dari banyak foto yang dibagikannya dapat ditemukan di laman Carbon Brief dari 2018.

Meskipun ada beberapa foto yang tidak akurat tentang apa yang sedang terjadi di Brasil, situasi yang sebenernya sama mengejutkannya. NASA merilis gambar api yang terlihat dari luar angkasa. Di media sosial juga tersebar gambar kobaran api membuat kota Sao Paulo menjadi gelap di tengah hari.

Hampir 40 ribu kebakaran membakar hutan hujan Amazon. Institut Nasional untuk Penelitian Antariksa Brasil mencatat kenaikan 84 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Sao Paulo berada dalam kegelapan sekitar satu jam pada Senin (19/8) sore akibat kebakaran yang lokasinya berada sekitar 1.600 mil jauhnya. Pemerhati lingkungan berpendapat, kebakaran hutan Amazon ini adalah bencana buatan manusia, yakni para penebang dan pemilik peternakan yang menggunakan metode tebas dan bakar untuk membuka lahan.

Beberapa dari kebakaran tersebut telah menyebar di luar kendali. Brasil telah lama berjuang untuk melestarikan Amazon.

Hutan hujan itu menghasilkan 20 persen oksigen untuk dunia. Terlepas dari perlindungan lingkungan yang semakin ketat pada beberapa dekade terakhir, sekitar seperempat dari hutan hujan ini sudah hilang.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA