Ahad 01 Sep 2019 03:40 WIB

1000 Koleksi 'Harta Karun' Hollywood akan Dilelang

Helm Darth Vader di film Star Wars diperkirakan akan terjual 500 ribu dolar AS.

Rep: deutsche welle/ Red: deutsche welle
Kostum Darth Vader (ilustrasi)
Foto: EPA-EFE/Eugene Garcia
Kostum Darth Vader (ilustrasi)

dw.com -- Helm Darth Vader dari sekuel Star Wars "The Empire Strikes Back" adalah salah satu koleksi harta karun Hollywood yang ditawarkan dalam lelang jutaan dolar di Los Angeles. Ada sekitar 1000 barang dengan nilai jual diperkirakan seluruhnya 10 juta dolar AS, yang akan dilelang pada 25-26 September.

"Star Wars selalu populer. Tidak pernah lebih panas dari sekarang, dengan waralaba yang berlanjut sekuat itu," kata Zach Pogemiller dari rumah lelang Profiles in History.

Pengamat memperkirakan helm Darth Vader bisa mencapai harga 500 ribu dolar karena popularitasnya. ''Sebagai artefak yang sangat populer, harganya bahkan bisa melebihi itu," kata Zach Pogemiller.

Topeng dan helm Darth Vader itu dikenakan oleh aktor David Prowse. Sementara, James Earl Jones menyuarakan peran tersebut.

Artefak Penyihir dari Oz dan Titanic

Barang lain yang diperkirakan akan menembus harga 500 ribu dolar adalah gaun hitam-putih yang dikenakan oleh Barbara Koshay, yang menjadi pemeran "double" untuk Judy Garland, ketika memerankan Dorothy dalam film klasik "The Wizard of Oz" dari tahun 1939.

Juga gaun yang dikenakan oleh Kate Winslet dalam film "Titanic" diperkirakan akan menjadi perebutan sengit dengan harga tinggi. Lalu ada juga kacamata Harry Potter yang ditandatangi oleh aktor pemerannya, Daniel Radcliffe.

"Anda selalu mendengar cerita tentang personel studio film yang menyelamatkan barang-barang yang dulu dianggap sampah dan sekarang menjadi barang tak ternilai," kata Zach Pogemiller.

"Sulit dipahami bahwa banyak orang tidak memiliki pandangan jauh ke depan untuk melestarikan semua artefak penting yang merupakan bagian budaya dan sejarah kita," ujarnya. hp/ts (afp)

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan deutsche welle. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab deutsche welle.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement