Senin 02 Sep 2019 17:26 WIB

Jepang Bentuk Unit Polisi Khusus Jaga Pulau Sengketa

Unit polisi khusus akan mempertahankan wilayah Senkaku.

Red: Nur Aini
Letak kepualauan Senkaku (dalam versi Jepang) yang disengketakan oleh Cina dan Jepang
Foto: WIKIPEDIA
Letak kepualauan Senkaku (dalam versi Jepang) yang disengketakan oleh Cina dan Jepang

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Jepang membentuk unit polisi khusus yang dilengkapi senjata otomatis untuk meningkatkan pertahanannya atas sekelompok pulau kecil Laut China Timur, yang disengketakan dengan China, dan pulau-pulau kecil lainnya.

Dilaporkan lembaga penyiaran NHK, Senin (2/9), unit polisi khusus akan ditempatkan di selatan Pulau Okinawa, yang berada 420 km timur dari daerah bersengketa. Wilayah sengketa itu dikendalikan oleh Jepang dan dikenal sebagai Senkaku di Jepang dan Diayou di China.

Baca Juga

"Dengan asumsi skenario yang meliputi pendaratan ilegal oleh kelompok bersenjata, anggota terlatih yang dilengkapi senjata senapan mesin akan dikerahkan," bunyi laporan NHK tanpa menyebutkan identitas sumbernya.

Militer dan penjaga patroli Jepang memperluas posisi mereka di sekitar pulau sengketa namun akan menjadi yang pertama kalinya polisi membentuk unit di kawasan tersebut. Belum ada pejabat Badan Kepolisian Nasional yang bisa dihubungi untuk dimintai keterangan.

Badan kepolisian meminta 159 petugas tambahan di Okinawa dan Fukuoka, prefektur selatan lainnya, guna meningkatkan kemampuan menanggapi situasi di pulau-pulau terpencil.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement