Selasa 03 Sep 2019 12:31 WIB

Badai Terkuat Atlantik Dekati Wilayah AS

Badai Dorian melanda Bahama yang membuat 5 orang meninggal tengah menuju AS

Rep: Puti Almas/ Red: Nur Aini
Badai (ilustrasi)
Foto: Reuters
Badai (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NASSAU — Badai Dorian yang melanda Bahama pada Senin (2/9) sejauh ini dilaporkan menewaskan lima orang. Selain itu, puluhan ribu rumah di wilayah-wilayah terdampak telah mengalami kerusakan, serta tergenang banjir. 

Dorian juga dilaporkan semakin mendekat ke wilayah Amerika Serikat (AS) yang membuat orang-orang yang diperkirakan terdampak harus segera dievakuasi. Dalam 36 jam, badai terkuat Atlantik tersebut telah berada di atas Pulau Grand Bahama diperkirakan akan terus berlanjut hingga Selasa (3/9) pagi. 

Baca Juga

National Hurricane Center (NHC) yang berbasis di Miami, AS juga mengatakan bahwa tak menutup kemungkinan badai terus berlanjut. Oleh karena itu, seluruh warga yang diminta untuk evakuasi diharapkan tidak meninggalkan lokasi pengungsian terlebih dahulu, hingga pihak berwenang menyatakan kondisi sepenuhnya aman.  

Perdana Menteri Bahama Hubert Minnis mengatakan lima orang meninggal akibat badai tersebut berasal dari Kepulauan Abaco, utara negara itu. Ia juga mengatakan bahwa saat ini pencarian dan penyelamatan korban dalam bencana itu fokus dilakukan. 

“Kami berada di tengah-tengah tragedi bersejarah di beberapa bagian Bahama dan misi kami saat ini fokus dalam pencarian, penyelamatan, dan pemulihan,” ujar Minnis dalam konferensi pers pada Senin (2/9).

Minnis mengatakan terdapat penjaga pantai AS di Abaco yang telah melakukan penyelamatan sejumlah orang yang terluka. Sementara, korban dengan luka parah dibawa ke rumah sakit di New Providence, salah satu pulau terpadat di negara itu.

Seorang saksi yang berada di Abaco Beach Resort mengatakan angin badai telah merusak jendela dan sebagian atap, dan bangunan hotel itu dikelilingi oleh air. Dorian juga diperkirakan dapat menimbulkan gelombang yang meningkatkan ketinggian air, mulai 12 hingga 18 kaki atau 4 hingga 5 meter di atas normal di Pulau Grand Bahama. 

Sementara itu, sembilan wilayah di Florida mengeluarkan peringatan evakuasi menyusul kemungkinan Dorian melanda. Termasuk dalam wilayah itu adalah Duval County, yang di dalamnya melingkupi Jacksonville, salah satu kota terbesar di negara bagian AS tersebut, serta beberapa area di Palm Beach County, di mana terdapat resort Mar-a-Lago milik Presiden Donad Trump.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement