Jumat 09 Aug 2019 16:15 WIB

Di Malaysia, PM Mahathir Sopiri Jokowi

Jokowi melanjutkan lawatan ke Singapura setelah dari Malaysia.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Nur Aini
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (ketiga kiri) dan Perdana Menteri Malaysia Tun Dr Mahathir Mohamad (keempat kiri) berjalan bersama ke arah Masjid Putra Putrajaya, Malaysia, Jumat (9/8/2019) untuk melakukan salat Jumat bersama.
Foto: Antara/Agus Setiawan
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (ketiga kiri) dan Perdana Menteri Malaysia Tun Dr Mahathir Mohamad (keempat kiri) berjalan bersama ke arah Masjid Putra Putrajaya, Malaysia, Jumat (9/8/2019) untuk melakukan salat Jumat bersama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kenegaraan ke Malaysia, Jumat (9/8). Kedatangan Jokowi ke Malaysia tersebut disambut hangat oleh Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad. 

Ia bahkan menyopiri langsung kendaraan yang ditumpangi Presiden Jokowi. Dikutip dari laman setkab, PM Mahathir menyopiri Jokowi saat akan menuju kediamannya di Seri Perdana untuk santap siang bersama. 

Baca Juga

Mahathir tampak menggunakan mobil produk setempat saat menyetiri kendaraan yang dinaiki Jokowi. Begitu keluar dari lift, Presiden Jokowi dan PM Mahathir langsung menuju mobil Proton Persona berwarna merah dengan plat nomor B 2367 A yang telah diparkir tepat di depan lift. 

PM Mahathir kemudian mempersilakan Presiden Jokowi untuk naik dan duduk di sebelah kursi kemudi. PM Mahathir sendiri langsung duduk di kursi kemudi.

Diiringi mobil dan motor pengawal, mobil yang ditumpangi kedua pemimpin pun melaju perlahan, diikuti rangkaian mobil lain di belakangnya. Rangkaian kendaraan terus melaju hingga tiba di Seri Perdana, Putrajaya.

Usai santap siang bersama, masih dengan mobil yang sama, PM Mahathir Mohamad kembali menyopiri Presiden Jokowi. Kali ini tujuannya ke Masjid Putra untuk melaksanakan salat Jumat bersama. Kedua pemimpin disambut oleh Imam besar Masjid Putra, Ustdz. Lukman Mohd Hosni.

Usai melaksanakan salat Jumat sekitar pukul 14.30 Presiden Jokowi keluar masjid dan langsung menuju Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia untuk melanjutkan kunjungannya ke Singapura. Bukan pertama kalinya bagi Jokowi disopiri langsung oleh sang tuan rumah saat melakukan kunjungan kenegaraan. Ia pernah bercerita pengalaman istimewanya saat berkunjung ke Uni Emirat Arab beberapa tahun lalu. 

Saat tiba di Abu Dhabi, kendaraan yang ditumpangi Jokowi juga disopiri langsung oleh Putra Mahkota Sheikh Mohammed bin Zayed Al-Nahyan. Jokowi dan Sheikh Mohammed hanya berdua di dalam kendaraan tersebut dan tanpa pengawalan.  Bahkan, ia sempat berkeliling berdua dengan Sheikh Mohammed menggunakan mobil mewah tanpa pengawalan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement