Kamis 05 Sep 2019 14:09 WIB

Pentagon Alihkan Dana Pertahanan Demi Biayai Tembok Trump

Pentagon mengalihkan dana termasuk untuk sekolah dan pusat penitipan anak.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Presiden AS Donald Trump saat mengunjungi bagian baru tembok perbatasan dengan Meksiko di Calexico, Kalifornia, Jumat (5/4).
Foto: AP Photo/Jacquelyn Martin
Presiden AS Donald Trump saat mengunjungi bagian baru tembok perbatasan dengan Meksiko di Calexico, Kalifornia, Jumat (5/4).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pentagon mengatakan mereka mengalihkan dana sebesar 3,6 miliar dolar AS dari 127 proyek Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS), termasuk sekolah dan pusat penitipan anak untuk keluarga militer demi mendanai tembok perbatasan Presiden Donald Trump. 

Sekolah-sekolah untuk anak-anak anggota militer AS dari Kentucky sampai Jerman hingga Jepang akan terdampak atas keputusan tersebut. Dana pusat penitipan anak di markas besar Angkatan Udara AS, Joint Base Andrews di Maryland juga dialihkan. 

Baca Juga

Pada awal tahun ini, Trump mendeklarasikan darurat nasional untuk dapat mengakses dana dari anggaran militer. Pada bulan Maret Pentagon mengirim daftar proyek yang terdampak atas keputusan tersebut ke Kongres. 

Pada Kamis (5/9), seorang petinggi Pentagon mengatakan departemen pertahanan diberi 'perintah sah' dari Trump untuk mengalihkan dana tersebut. Ia mengatakan Pentagon sedang bekerja sama dengan Kongres dan seluruh sekutu mereka di luar negeri untuk mengganti dana yang dialihkan Trump ke pembangunan tembok perbatasan AS-Meksiko. 

Pentagon mengatakan 1,8 miliar pertama akan berasal dari proyek di luar AS. Lalu disusul dengan proyek-proyek di dalam AS. 

Ketua Senat dari Partai Demokrat Chuck Schumer mengatakan merelokasi dana yang dilakukan pemerintahan Trump 'menjadi tamparan' bagi anggota militer AS. Akademi militer AS di West Poin tempat Schumer berasal menjadi proyek termahal yang akan terdampak. 

Dana untuk pembangunan pusat permesinan di akademi itu ditarik sebesar 95 juta dolar AS. Daftar proyek lain yang terdampak antara lain untuk jalanan, toko perawatan, gudang penyimpanan, dan gudang bahan berbahaya. 

Tembok perbatasan AS-Meksiko menjadi pusat kampanye Trump pada 2016. Ia tetap menjadikan isu itu sebagai inti dari kebijakan imigrasinya dengan harapan dengan kebijakannya yang keras terhadap imigran dapat membuatnya terpilih kembali pada  2020.

Sekitar 30 juta dolar AS untuk pembangunan gedung peralatan di Fort Huachuca di selatan Arizona juga akan dialihkan untuk tembok perbatasan. Senator dari Partai Republik Martha McSally mengatakan ia berjuang tidak ada proyek di negara bagiannya yang akan terdampak. 

McSully mengatakan hal itu sudah dijamin oleh mantan Menteri Pertahanan Patrick Shanahan. Dalam pernyataannya, McSully mengatakan proyek Fort Huachuca memang sudah ditunda. 

"Pengalihan dana militer akan merusak keamanan nasional kami, kualitas hidup dan moral pasukan kami dan jelas membuat Amerika menjadi kurang aman," kata Ketua House of Representative Nancy Pelosi kepada rekan-rekannya dari Partai Demokrat, seperti dikutip salah satu ajudannya. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement