Sabtu 14 Sep 2019 14:08 WIB

KBRI Addis Ababa Gelar Shalat Ghaib untuk Almarhum Habibie

KBRI Addis Ababa dan masyarakat Indonesia di Ethiopia sangat kehilangan Habibie.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Gita Amanda
Saat berkunjung ke Gedung Sate tahun 2012, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie memperlihatkan kion emas miliknya yang dianugerahkan dunia sebagai ilmuwan tingkat dunia.
Foto: Republika/Edi Yusuf
Saat berkunjung ke Gedung Sate tahun 2012, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie memperlihatkan kion emas miliknya yang dianugerahkan dunia sebagai ilmuwan tingkat dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, ADDISABABA --Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika Al Busyra Basnur mengatakan warga Indonesia di Addis Ababa telah melaksanakan shalat ghai untuk almarhum BJ Habibie. Shalat dilaksanakan di KBRI Addis Ababa, pada Jumat (13/9) malam.

"Alhamdulillah. Masyarakat Indonesia di Addis Ababa, Ethiopia menyelenggarakan shalat gaib bersama untuk menghormati dan mendoakan almarhum BJ Habibie, Presiden ke-3 Republik Indonesia yang meninggal tanggal 11 September 2019," kata Busyra melalui keterangan tertulisnya yang diterima Republika.co.id, Sabtu (14/9).

Baca Juga

Busyra menyampaikan, KBRI Addis Ababa dan masyarakat Indonesia di Ethiopia sangat kehilangan atas wafatnya Presiden RI-3 itu. Menurutnya, BJ Habibie, bukan saja tokoh dan pemimpin yang sangat berjasa kepada bangsa dan negara Indonesia. Ia juga merupakan tokoh yang disegani sekaligus disayang oleh dunia.

"Karena itu, dalam rangka menunjukkan cinta dan sayang kita kepada Pak Habibie, masyarakat Indonesia di Ethiopia menyelenggarakan shalat ghaib sekaligus mendoakan kepergian beliau,” kata Duta Besar Al Busyra Basnur.

Selain shalat ghaib, untuk menghormati almarhum Habibie, KBRI Addis Ababa menaikkan bendera setengah tiang dan membuka buku duka cita di KBRI untuk ditandatangani pejabat pemerintah dan masyarakat Ethiopia, pimpinan organisasi regional dan internasional, serta Duta Besar negara-negara  sahabat di Addis Ababa.

Busyra mengatakan, shalat ghaib dipimpin oleh Ustaz Akbar Mohamad Khutbi. Shalat diikuti oleh seluruh staff KBRI dan hadir juga Taryat Suratman, General Manager Peace Success Industry Plc sister company PT Sinar Antjol; Adrianto Yuliar Salam, Deputi General Manager PT Indofood Ethiopia; dan Arwin Ludiansyah, Country and Business Controller, H&M Ethiopia,

"Alhamdulillah remaja dan anak-anak Indonesia juga ikut shalat ghaib mendoakan Pak Habibie," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement