Senin 23 Sep 2019 14:51 WIB

Warga dan Diaspora Indonesia Bersihkan Pantai Santa Monica

Kegiatan tersebut sebagai tanda perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-AS.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Ani Nursalikah
Konsulat Jenderal RI di Los Angeles mengadakan kegiatan membersihkan pantai di Santa Monica, Los Angeles, Amerika Serikat (AS), Ahad (22/9) waktu setempat.
Foto: KJRI Los Angeles
Konsulat Jenderal RI di Los Angeles mengadakan kegiatan membersihkan pantai di Santa Monica, Los Angeles, Amerika Serikat (AS), Ahad (22/9) waktu setempat.

REPUBLIKA.CO.ID,  LOS ANGELES -- Konsulat Jenderal RI di Los Angeles mengadakan kegiatan membersihkan pantai di Santa Monica, Los Angeles, Amerika Serikat (AS), Ahad (22/9) waktu setempat. Hal ini sekaligus sebagai tanda perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-AS.

Bekerja sama dengan sebuah organisasi non-profit yang fokus pada isu-isu lingkungan, Heal the Bay, kegiatan ini turut melibatkan sekitar 100 masyarakat dan diaspora Indonesia yang berdomisili di LA dan sekitarnya. "Tahun ini, Indonesia dan AS merayakan hubungan diplomatik yang ke-70. Kegiatan membersihkan pantai merupakan upaya penguatan hubungan antarmasyarakat (people to people) kedua negara," ujar Konsul Jenderal RI di Los Angeles, Saud P Krisnawan dalam rilis pers yang diterima Republika.co.id, Senin (23/9).

Baca Juga

Menurut Saud, partisipasi masyarakat dan diaspora Indonesia pada aksi membersihkan pantai sangat disambut positif oleh pihak setempat. "Tadi saya ngobrol dengan koordinator panitia setempat, mereka sangat berterima kasih atas partisipasi masyarakat kita di aksi membersihkan pantai kali ini. Ke depannya, bahkan kami sepakat menjalin kerja sama terkait isu pengelolaan lingkungan," kata Saud.

Kegiatan bersih-bersih pantai ini diadakan serentak di seantero Los Angeles County, Kalifornia. Belasan ribu relawan berpartisipasi pada aksi bersih-bersih pantai ini. Berdasarkan data Heal the Bay, kegiatan sejenis tahun lalu berhasil membersihkan lebih dari 400 ton sampah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement