Selasa 01 Oct 2019 07:21 WIB

Kemiskinan Warga Gaza Meningkat

Warga Gaza harus bertahan hidup dengan 1,6 dolar AS per hari.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Warga Palestina melaksanakan shalat Idul Fitri di Jalur Gaza.
Foto: AP Photo/Khalil Hamra
Warga Palestina melaksanakan shalat Idul Fitri di Jalur Gaza.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Blokade Israel telah membuat kehidupan rakyat Palestina memburuk dari hari ke hari. Bahkan menurut Komite Rakyat Palestina, selama bertahun-tahun, 85 persen warga Palestina yang berada di jalur Gaza berada dibawah garis kemiskinan.

Melihat situasi kemanusiaan di Gaza, Komite Populer untuk Mengakhiri Pengepungan Gaza menyerukan agar komunitas internasional mengambil tindakan mengakhiri pendudukan Israel sepenuhnya di Jalur Gaza. “Sementara menurut Komite Palestina, pendapatan rata-rata harian per kapita warga Palestina di Gaza maksimum hanya dua dolar Amerika saja. Sementara tingkat pengangguran mencapai 65 persen di kalangan anak muda,” seperti dilansir Daily Sabah, Selasa (1/10).

Baca Juga

Orang-orang Palestina telah sering berdemonstrasi menentang tingginya angka pengangguran di Jalur Gaza. Lebih dari 300 ribu pekerja tercatat kini sebagai pengangguran di tengah memburuknya kondisi ekonomi di Palestina. Jumlah itu meningkat setiap hari sebagai akibat dari penangguhan proyek-proyek penting di Palestina karena blokade Israel.

Selain itu, kondisi ekonomi yang parah juga menyebabkan tutupnya toko-toko, perusahaan atau pabrik yang sangat dipengaruhi oleh blokade selama bertahun-tahun. Pada September lalu, Bank Dunia sempat mengingatkan ekonomi Gaza telah anjlok. Bank Dunia juga menyerukan agar Israel dan komunitas internasional mengambil tindakan segera demi menghindari kehancuran di wilayah Palestina.

Sudah sejak 2007, jalur Gaza berada di bawah blokade Israel dan Mesir. Itu telah melumpuhkan dan menghancurkan ekonomi warga Palestina. Selain itu blokade juga merampas akses hampir dua juta penduduk Palestina pada komoditas penting termasuk makanan, bahan bakar, dan obat-obatan.

Badan Bantuan dan Pemulihan Pembangunan PBB, UNRWA sebelumnya menyatakan saat ini ada sekitar 620 ribu warga Gaza yang hidup di tengah kemiskinan. Ini berarti para warga Gaza itu tak bisa memenuhi kebutuhan makanan pokok mereka dan harus bertahan hidup dengan 1,6 dolar AS per hari. Hampir 390 ribu orang Palestina di Gaza miskin absolut. Dengan kemiskinan dan pengangguran yang tinggi membuat banyak penduduk Palestina yang bergantung pada layanan yang disediakan UNRWA.

Blokade Israel juga telah membuat hambatan serius bagi warga Gaza untuk mengakses pertolongan medis. Situasi kemanusiaan di Palestina yang diduduki telah memburuk, rumah sakit pun berjuang menangani korban yang semakin tinggi sejak protes yang terjadi di perbatasan Gaza-Israel yang dimulai pada tahun lalu.

Di lain sisi, 13 rumah sakit umum dan 14 klinik di Gaza di bawah organisasi nonpemerintah juga telah mengalami kekurangan obat-obatan dan pasokan bedah akibat blokade. “Tingkat kekurangan obat 50 persen di pengungsian, dan kurangnya pasokan medis 27 persen,” kata Omar Taslim seorang perwakilan regional Komite Islam Bulan Sabit Internasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement