Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Astronot Alexander Gerst dan 24 Tokoh Dianugerahi Bintang Jasa

Jumat 04 Oct 2019 03:18 WIB

Rep: deutsche welle/ Red: deutsche welle

picture-alliance/dpa/D. Lovetsky

picture-alliance/dpa/D. Lovetsky

Alexander Geerst dua kali ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, ISS.

Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier hari Rabu (2/10) memberikan Bintang Jasa Pemerintah Jerman kepada 12 perempuan dan 13 pria yang dianggap telah berjasa besar bagi Jerman. Mereka antara lain astronot Alexander Gerst, yang sangat dikenal di Jerman karena sering bercerita tentang pengalamannya di media sosial langsung dari luar angkasa.

Alexander Geerst, 43 tahun, sudah melakukan dua misi luar angkasa ke Stasiun Luar Angkasa Internasional ISS. Secara keseluruhan dia berada 362 hari di luar angkasa dan pada misi terakhir juga bertindak sebagai komandan stasiun.

Selama berada di stasiun luar angkasa ISS, Alexander Gerst menarik ribuan pengikut di media sosial dengan foto-fotonya tentang Bumi dan menekankan betapa pentingnya melindungi lingkungan dan ekologi dan hidup dalam damai.

Steinmeier: Tokoh-tokoh "yang sangat berani"

Presiden Frak-Walter Steinemeier tahun ini mengangkat tema runtuhnya Tembok Berlin 30 tahun lalu, dan penyatuan kembali Jerman setahun setelahnya, yaitu pada 3 Oktober 1990. Tokoh-tokoh dari Jerman timur yang dianugerahi bintang jasa antara lain Rainer Eppelmann, Carlo Jordan dan Jens Reich, semuanya mantan aktivis di bekas negara Jerman Timur yang berhaluan komunis, yang mendukung aksi demonstrasi jalanan tahun 1989.

"Keberanian Anda telah menghancurkan (tembok) perbatasan hingga terbuka - untuk itu saya dari lubuk hati terdalam mengucapkan terima kasih," kata Presiden Jerman.

Penyanyi rock Jerman Udo Lindenberg juga mendapat bintang jasa. Dia mulai terkenal tahun 1983 dengan lagu sindirannya "Sonderzug nach Pankow" (1983), yang memuat sindiran halus kepada penguasa Jerman Timur saat itu, Erich Honecker, agar diberi izin menggelar konser di Jerman Timur.

Di situs kepresidenan di internet Steinmeier menulis, dia menyampaikan pujian kepada mereka "yang turut membentuk masyarakat kita dan masa depan kita dengan penuh energi dan keberanian, dan pada saat yang sama melampaui batas."

hp/ts (dpa)

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan deutsche welle. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab deutsche welle.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA