Jumat 04 Oct 2019 17:29 WIB

Dinding Bata Berusia 2.600 tahun Ditemukan di India

Total empat dinding bata berasal dari zaman Sangam.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nashih Nashrullah
Bendera India (Ilustrasi).
Foto: IST
Bendera India (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MADURAI – Fase kelima dari penggalian yang sedang berlangsung di situs arkeologi Keeladi di distrik Sivaganga, Tamil Nadu, India, telah masuk waktu sebulan. Hasil penggalian tersebut menemukan total empat dinding bata yang berasal dari zaman Sangam. 

Departemen Arkeologi Negara India menemukan empat tembok yang berusia 2.600 tahun di lokasi tersebut. Penggalian fase kelima yang dimulai pada bulan Juni kemungkinan akan ditutup bulan ini, seperti dilansir di Aninews, Jumat (4/10). 

Baca Juga

Pekerjaan penggalian di desa Keeladi telah dilakukan atas nama Departemen Arkeologi Pusat sejak 2015. Penggalian yang dilakukan di desa di tepi sungai Vaigai ini telah menemukan artefak yang ditemukan berasal dari peradaban Sangam.  

Seorang warga setempat, Marudhu Perumal mengatakan, bahwa orang Tamil bangga melihat penemuan peradaban ini dari 2.600 tahun yang lalu.  

"Saya telah mempelajari peradaban tertua ketika saya di sekolah tetapi tidak ada bukti situs ini sebelumnya. Semua orang di Tamil Nadu harus datang dan melihat Keeladi," kata Perumal. 

Fase kedua dilakukan pada 2016 dan fase tiga pada 2017. Pemerintah Tamil Nadu melakukan penggalian fase keempat pada 2018 karena berbagai pihak bersikeras melanjutkan penyelidikan. Sejauh ini, 14.500 item telah digali. Anggaran telah dialokasikan untuk membangun parit untuk melindunginya.  

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement