Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Bernie Telah Diizinkan Pulang Usai Terkena Serangan Jantung

Sabtu 05 Okt 2019 11:38 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Mantan kandidat calon presiden Partai Demokrat AS Bernie Sanders berbicara di hari pertama Konvensi Nasional Demokrat di Philadelphi, Senin, 25 Juli 2016.

Mantan kandidat calon presiden Partai Demokrat AS Bernie Sanders berbicara di hari pertama Konvensi Nasional Demokrat di Philadelphi, Senin, 25 Juli 2016.

Foto: AP Photo/Carolyn Kaster
Kandidat Presiden AS Demokrat Bernie Sanders terkena serangan jantung usai kampanye

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- kandidat presiden amerika Serikat (AS) dari partai demokrat bernie sanders mengalami serangan jantung dan telah diizinkan pulang dari rumah sakit, Jumat (5/10). Akibat penyakit ini, dia dilarikan ke rumah sakit ketika melakukan kampanye.

Baca Juga

Politisi berusia 78 tahun itu berada di sebuah acara kampanye di Nevada pada hari Selasa (1/10). Dia mengalami ketidaknyamanan dada dan dibawa ke rumah sakit.

Sanders dipindahkan ke pusat medis rumah sakit Desert Springs di mana dokter memasukkan dua stent untuk membuka arteri yang tersumbat di jantungnya. Dokter di Las Vegas mengatakan, sisa pembuluh darahnya normal.

Dalam sebuah video yang diunggah di Twitter pada hari Jumat (4/10), Sanders mengatakan kondisinya jauh lebih baik. Dia berterima kasih kepada para pendukung karena "cinta dan harapan hangat yang Anda kirimkan kepada saya".

Serangan jantung dapat disebabkan oleh arteri yang tersumbat. Kondisi ini terjadi ketika area jantung menderita dan dalam bahaya kerusakan karena tidak mendapat cukup darah atau oksigen.

Prosedur pembukaan arteri seperti yang dilakukan Sanders, dan pemasangan stent, yang bertindak seperti perancah kecil untuk menjaga arteri terbuka. Cara ini mengembalikan aliran darah dan membantu mencegah masalah di masa depan.

Pernyataan dari Sanders dan dokternya tidak menunjukkan apakah jantungnya mengalami kerusakan permanen. Para dokter mengatakan, kondisi politisi itu terus membaik dan mengalami kemajuan sampai di pulangkan dari rumah sakit pada Jumat.

"Setelah dua setengah hari di rumah sakit, saya merasa hebat, dan setelah mengambil cuti pendek, saya berharap untuk kembali bekerja," kata Sanders.

Sanders diperkirakan akan kembali ke Vermont dan  berencana untuk tampil di debat Demokrat berikutnya pada 15 Oktober. Kondisi ini menandai kedua kalinya dalam dua bulan, dia mengalami masalah kesehatan yang memaksanya untuk membatalkan acara kampanye.

Pada bulan September, Sanders mundur dari beberapa penampilan di South Carolina karena kehilangan suaranya. Tim kampanyenya mengatakan pada saat itu, Sanders merasa baik-baik saja. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA