Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

15 Orang Tewas dalam Serangan di Masjid Burkina Faso

Ahad 13 Oct 2019 02:43 WIB

Rep: Mimi Kartika/ Red: Bayu Hermawan

Kelompok bersenjata (ilustrasi)

Kelompok bersenjata (ilustrasi)

Foto: Reuters
Sebuah masjid di Burkina Faso, Afrika Barat, diserang kelompok bersenjata.

REPUBLIKA.CO.ID, OUAGADOUGOU -- Sebuah masjid di Burkina Faso, Afrika Barat, menjadi sasaran serangan sekelompok pria bersenjata. Serangan yang terjadi usai shalat Jumat itu menewaskan sekitar 15 orang.

Dikutip dari Reuters, pejabat keamanan setempat mengatakan, kelompok bersenjata memasuki masjid yang ada di Desa Salmossi di wilayah Oudalan, yang berbatasan dengan Mali. Para pelaku kemudian melepaskan tembakan ke arah jamaah yang baru saja melaksanakan shalat Jumat.

Belum diketahui dari mana kelompok bersenjata tersebut, apakah ada kaitannya dengan kelompok ISIS atau Al Qaeda. Serangan bersenjata di wilayah perbatasan Burkina Faso telah memicu ketegangan hingga saat ini.

Dilaporkan, jumlah pengungsi yang meninggalkan wilayah Utara Burkina Faso telah meningkat enam kali lipat sejak Januari tahun ini. PBB mengatakan, jumlah warga yang mengungsi diperkirakan mencapai 500 ribu jiwa. Dalam pernyataan di akhir kunjungan ke Burkina, 11 badan bantuan PBB dan organisasi nonpemerintah melaporkan situasi yang tidak aman juga melumpuhkan sektor kesehatan dan pendidikan.

"Misi tersebut dikagetkan oleh keparahan dan urgensi krisis kemanusiaan," kata Direktur Kedaruratan Program Pangan Dunia PBB Margot van der Velden.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA