Ahad 13 Oct 2019 16:13 WIB

Rendang dan Nasi Uduk Jadi Sajian Pertemuan Dubes di Korut

Penyajian rendang dan nasi uduk sebagai upaya promosi budaya Indonesia.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Friska Yolanda
Rendang
Foto: www.rendangpadangenak.blogspot.com
Rendang

REPUBLIKA.CO.ID, PYONGYANG -- Rendang dan nasi uduk serta menu khas Indonesia lainnya bersanding dalam jamuan makan malam para Duta Besar (Dubes) ASEAN Comittee in Pyongygang (ACP) dengan Dubes Jerman di Pyongyang, Korea Utara (Korut), Jumat (11/10) waktu setempat. Jamuan makan malam diadakan di Wisma dubes RI di Pyongyang yang juga dihadiri oleh para istri dubes.

ACP terdiri dari negara-negara seperti Kamboja, Indoensia, Laos, dan Vietnam yang kali ini diketuai oleh Dubes RI untuk Korut Berlian Napitupulu. Jamuan makan ACP dengan dubes asing lain di Korut merupakan bagian dari program Dubes Berlian sejak keketuan Indonesia di ACP pada Juli 2019. 

Dalam jamuan tersebut, Dubes ACP dan Dubes Jerman melakukan tukar pikiran mengenai kegiatan ACP, kerja sama ASEAN dan Jerman serta masalah lain yang menjadi kepentingan bersama.

Dubes Berlian mengatakan, menyajikan masakan Indonesia pada jamuan makan kali ini adalah sebagai bagian dari promosi kuliner nusantara. Menu yang disajikan pun cukup beragam mulai dari rendang, nasi uduk, ikan pesmol, udang asam manis, dan lumpia. Dubes menekankan untuk bisa memanfaatkan kesempatan baik seperti itu dalam mempromosikan budaya Indonesia melalui masakan khas bangsa.

"Saya sangat senang bahwa para dubes asing menyukai kuliner Indonesia yang kita sajikan. Mereka menyampaikan, bahwa masakan khas Indonesia sangat lezat, kaya rasa akan bumbu," kata Dubes Berlian dalam siaran pers yang diterima, Ahad (13/10).

Dalam hal mempromosikan makanan khas Indoensia, Dubes Berlian mengatakan, promosi kuliner merupakan salah satu program utama Kedutaan Besar RI (KBRI) Pyongyang tahun ini. Promosi kuliner dimaksudkan untuk mengenalkan masakan Indonesia baik kepada masyarakat setempat maupun masyarakat internasional di Pyongyang.

"Kita akan terus giatkan promosi kuliner kita di negara ginseng ini," kata Dubes Berlian.

Dia menceritakan, tahun ini pun pihak KBRI telah menyelenggarakan demo masak untuk masyarakat setempat di Yaksu Cooperative Farm, promosi makanan Indonesia dalam bazar internasional serta jamuan makan dengan para dubes Organisasi Kerja Sama Islam. Makanan yang disajikan pun pada umumnya, kata dia mendapatkan sambuatan baik.

KBRI Pyongyang juga akan mengadakan cooking demo series untuk para koki di Pyongyang dan komunitas asing di Korut yang pada tujuan akhirnya adalah menghadirakn menu-menu Indonesia di berbagai restoran d Korut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement