Rabu 16 Oct 2019 22:46 WIB

Arkeolog Ungkap Fosil Berumur 8 Juta Tahun di Turki Tengah

Fosil yang ditemukan di antaranya berupa fosil kuda tricorn.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Peneliti menggali fosil hewan
Foto: Daily Sabah
Peneliti menggali fosil hewan

REPUBLIKA.CO.ID KAYSERI – Para arkeolog menemukan fosil berusia 8 juta tahun dalam sebuah penggalian benda purbakala di Provinsi Kayseri, Turki tengah.

Fosil yang ditemukan di antaranya berupa fosil kuda tricorn, jerapah, badak, dan spesies bovidae yang ditemukan di wilayah yang sama sekitar 70 kilometer dari situs penggalian awal di dekat Bendungan Yamula.  

Baca Juga

Antropolog dari Departemen Paleoantropologi Universitas Ankara, Ozge Kahya, mengatakan dengan penggalian itu menunjukan bahwa daerah itu dulunya merupakan hutan. Kahya mengatakan sebelumnya para peneliti menemukan fosil-fosil di dekat bendungan Yamula.  

Namun penemuan itu berbeda dalam hal fauna dengan yang baru-baru ditemukan di Kayseri. Kahya mengatakan bahwa fosil yang ditemukan di daerah itu merupakan fosil dari binatang yang lebih kecil daripada yang ditemukan di dekat Bendungan Yamula. 

“Penggalian di darah yang kaya akan fosil itu awalnya dimulai 15 hari yang lalu dan akan berlanjut,” seperti dilansir Daily Sabah pada Rabu (16/10).  

Sedang penggalian dekat Bendungan Yamula  dimulai dua tahun lalu setelah seorang penggembala menemukan fosil hewan di daerah itu. Sebagian besar fosil yang ditemukan di daerah itu merupakan tengkorak dan tulang rahang gajah. 

Pemerintah Kayseri pun berencana menjadikan area tersebut terbuka untuk pengunjung setelah menyelesaikan fase penggalian pertama. Andrian Saputra

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement