Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Barack Obama Dukung Justin Trudeau dalam Pemilu Kanada

Kamis 17 Oct 2019 12:19 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini

Barack Obama.

Barack Obama.

Foto: AP
Hampir tidak pernah ada mantan presiden AS memberi dukungan di pemilu Kanada.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mendukung Perdana Menteri Justin Trudeau dalam pemilihan umum Kanada. Hampir tidak pernah ada mantan presiden AS yang memberikan dukungan secara terbuka dalam pemilihan umum Kanada.

Baca Juga

Dalam cicitannya di Twitter, Obama mengatakan ia bangga sempat bekerja sama dengan Trudeau. Ia menggambarkan Trudeau sebagai pekerja keras, pemimpin efektif, dan pemimpin yang ingin mengatasi isu besar seperti perubahan iklim.

"Saat ini dunia butuh kepemimpinannya yang progresif dan saya berharap tetangga kami di utara mendukung masa jabatannya yang berikutnya," cicit Obama seperti dilansir dari Aljazirah, Kamis (17/10).

Trudeau mengucapkan terima kasih kepada Obama atas dukungan tersebut. "Terima kasih temanku, kami bekerja keras untuk mempertahankan progresivitas kami," cicit Trudeau.

Pejawat itu akan menghadapi pemilihan umum yang berat pada Selasa (21/10) mendatang. Profesor hubungan internasional dan sejarah Kanada di University of Toronto Robert Bothwell mengatakan intervensi Obama pasti berdampak.

"Trudeau dalam bahaya besar, jika saya tim kampanye Partai Liberal saya akan diam-diam memperlihatkan dukungan Obama dengan bangga, saya tidak tahu apakah saya akan menggembar-gemborkannya sebagai agenda politik utama," kata Bothwell.

Ia mengatakan mantan Presiden AS Theodore Roosevelt pernah mengunjungi Toronto pada 1917 saat Kanada menggelar pemilihan tentang wajib militer dan menyatakan mendukungnya. Tapi Bothwell mengatakan ia tidak tahu seberapa eksplisit Roosevelt ketika itu.

Profesor ilmu politik University of Toronto Nelson Wiseman mengatakan dukungan yang seperti Obama lakukan jarang terjadi dan ada kemungkinan tidak pernah dilakukan sebelumnya. Tapi Wiseman tidak yakin dukungan itu akan mempengaruhi perolehan suara.

"Bahkan, bagi beberapa orang mungkin hal ini terasa seperti intrusi tak beralasan terhadap pemilihan di Kanada," kata Wiseman.

Sebelumnya Obama juga sempat mendukung Emmanuel Macron dalam pemilihan presiden Prancis pada 2017. Ia juga memperingatkan pemilih Inggris untuk menolak keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Trudeau memiliki hubungan baik dengan Obama selama mantan senator itu menjabat sebagai presiden. Pada awal tahun ini mereka kedapatan makan malam bersama di Ottawa. 

sumber : AP
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA