Jumat 18 Oct 2019 07:37 WIB

Turki Sita 32 Artefak Era Bizantium

Setiap tahunnya, ribuan operasi anti-penyelundupan berlangsung di Turki.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Esthi Maharani
Bendera Turki
Foto: worldatlas.com
Bendera Turki

REPUBLIKA.CO.ID, KIRSEHIR --- Kepolisian Turki kembali menyita puluhan benda bersejarah yang akan diselundupkan. Kali ini, polisi menyita sebanyak 32 artefak bersejarah dalam sebuah operasi anti penyelundupan di Provinsi Kirsehir, Turki Tengah pada Kamis (17/10).

Berdasarkan informasi, cabang anti-penyelundupan Direktorat keamanan Provinsi Kirsehir melakukan penggeledahan terhadap sebuah kendaraan di jalan raya saat hendak menuju Istanbul dari Provinsi Banten, Turki Timur.

“Selama pencarian kendaraan, polisi menyita sebuah kubus, empat piring dan 27 benda lainnya milik era Bizantium,” seperti dilansir Daily Sabah pada Kamis (17/10).

Pengemudi berinisial S.B akhirnya ditahan sehubungan dengan penyelundupan itu. Setiap tahunnya, ribuan operasi anti-penyelundupan berlangsung di Turki. Ini dilakukan untuk menghentikan penjualan benda-benda bersejarah secara ilegal selain itu untuk melindungi warisan budaya Turki.

Hal ini menjadi penting bagi Turki yang memiliki 3000 kota kuno dari 42 peradaban. Tak hanya itu, industri pariwisata Turki pun bergantung pada warisan sejarahnya yang kaya agar bisa menarik jutaan wisatawan terutama dari luar negeri setiap tahunnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement