Selasa, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Selasa, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Irak Konfirmasi Kematian Pimpinan ISIS Baghdadi

Ahad 27 Okt 2019 14:21 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Dwi Murdaningsih

Abu Bakr al Baghdadi

Abu Bakr al Baghdadi

Foto: Telegraph
Abu Bakar al-Baghdadi tewas dalam serangan AS.

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD -- Dua sumber keamanan Irak mengatakan Baghdad telah mengonfirmasi kematian pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi. Sebelumnya Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dikabarkan akan memberikan pengumuman penting di Gedung Putih.

"Sumber kami dari dalam Suriah telah mengonfirmasi kepada tim intelijen Irak yang ditugaskan mengejar Baghdadi, dia telah terbunuh bersama pengawalnya di Idlib setelah persembunyiannya ditemukan ketika ia mencoba membawa keluarganya ke luar dari Idlib menuju perbatasan Turki," kata salah satu sumber Irak tersebut, Ahad (27/10).

Pejabat pemerintah Amerika Serikat (AS) juga telah mengonfirmasi militer AS menggelar operasi serangan terhadap Baghdadi. Pejabat yang tidak disebutkan namanya itu tidak dapat memastikan keberhasilan operasi tersebut.

Media AS Newsweek melaporkan operasi tersebut akan digelar di barat laut Provinsi Idlib, Suriah. Newsweek juga melaporkan operasi yang dilakukan pasukan operasi khusus itu digelar setelah AS menerima data intelijen yang dapat ditindaklanjuti.

Pejabat pemerintah AS tidak dapat menjelaskan rincian operasi tersebut.
Pentagon belum menjawab permintaan komentar atas laporan tersebut.

Juru bicara Gedung Putih Hogan Gidley mengatakan Trump akan menyampaikan 'pernyataan penting' pada Ahad pagi waktu setempat. Gidley juga tidak menjelaskan pernyataan apa yang akan disampaikan Trump.

Pada Sabtu (26/10) lalu di media sosial Twitter Trump mengisyaratkan ada yang sedang terjadi. "Sesuatu yang sangat besar baru saja terjadi," cicit Trump.

Trump semakin frustasi karena media-media AS fokus memberitakan penyelidikan pemakzulan yang digelar House of Representative. Penyelidikan yang menurut Trump sebagai upaya mencemarkan nama baiknya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA