Jumat 01 Nov 2019 19:45 WIB

Hadiri KTT ASEAN, Jokowi akan Sampaikan Konsep Indo Pasific

Konsep Indo Pacific diklaim akan memberikan dampak ekonomi yang baik.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Muhammad Hafil
ASEAN
ASEAN

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Bangkok, Thailand pada 3-4 November. Menurut Jokowi, dalam kesempatan itu, ia akan mengajak seluruh anggota ASEAN untuk membangun infrastruktur sesuai dengan konsep Indo Pasific.

"Besok kita ke Thailand yang pertama saya akan mengajak seluruh anggota ASEAN untuk bersama-sama membangun infrastruktur yang berkaitan dengan konsep Indo Pacific," ujar Jokowi saat berbincang dengan awak media di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (1/11).

Jokowi yakin, pembangunan infrastruktur sesuai dengan konsep Indo Pasific akan memberikan dampak ekonomi yang lebih baik kepada negara-negara angota ASEAN. Selain itu, dilaksanakannya konsep tersebut juga akan berdampak pada kemudahan hubungan antar negara, murahnya biaya logistik, dan juga membaiknya pertumbuhan di negara ASEAN. 

"Karena pertukaran barang antar negara kita ini menjadi lebih gampang dan juga kita harapkan dengan konektivitas yang baik tadi kompetitivenes daya saing dari produk-produk yang diproduksi oleh negara ASEAN jadi lebih kompetitif," jelas dia.

Ia mengatakan, kondisi perekonomian global yang semakin tidak menentu ini akan berdampak pada perekonomian seluruh negara. Tak sedikit negara yang akan kesulitan  dalam mengambil kebijakan-kebijakan terkait.

"Sekarang ini memang semua negara mengalami kesulitan memprediksi, kesulitan mengkalkulasi dari policy-policy, kebijakan-kebijakan yang akan diputuskan, semua negara mengalami kesulitan itu," kata Jokowi. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement