Sabtu 02 Nov 2019 11:48 WIB

Donald Trump Telepon Presiden Baru Argentina Bahas Utang IMF

Argentina mendapat tambahan kredit IMF karena resesi ekonomi pada tahun lalu.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Presiden Argentina Alberto Fernández melambaikan tangan pada pendukungnya
Foto: AP Photo/Daniel Jayo
Presiden Argentina Alberto Fernández melambaikan tangan pada pendukungnya

REPUBLIKA.CO.ID, BUENOS AIRES -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menelepon presiden terpilih Argentina Alberto Fernandez. Trump mengucapkan selamat kepada politisi moderat-kiri tersebut dan mendiskusikan ekonomi Amerika Selatan.

"Saya menerima telepon dari Donald Trump, ia memberitahu saya, ia telah menginstruksikan International Monetary Fund (IMF) bekerja sama untuk menyelesaikan masalah utang kami," cicit Fernandez di Twitter, Sabtu (2/11).

Baca Juga

IMF menambah kredit sebesar 57 miliar dolar AS sesuai dengan resesi dan inflansi yang menghantam Argentina tahun lalu. Gedung Putih mengatakan kepala kedua negara membahas hubungan bilateral dan Trump mengungkapkan dukungan AS untuk membantu Argentina 'mengatasi tantangan ekonomi'.

"Saya berterima kasih pada sikapnya dan saya beritahu dia tentang niat saya untuk mempertahankan hubungan yang ramah dan dewasa dengan Amerika Serikat," kata Fernandez.

Kesepakatan IMF dinegosiasikan oleh presiden sebelumnya Mauricio Macri. Ia kalah dari Fernandez dalam pemilihan umum dengan selisih suara yang lebih besar dari yang diperkirakan.

Hasil pemilihan umum mendorong aksi jual aset Argetina yang membangkitkan kembali kekhawatiran beban utang negara itu. Setelah Fernandez menang dan diintervensi bank sentral, peso Argentina stabil pekan ini. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement