Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Sejarah Hari Ini: Astronaut Tertua Kembali ke Bumi

Kamis 07 Nov 2019 07:36 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini

Astronaut AS yang pertama kali mengorbit Bumi John Glenn berpose pada 1998.

Astronaut AS yang pertama kali mengorbit Bumi John Glenn berpose pada 1998.

Foto: Reuters
John Glenn menjadi astronaut tertua saat mendarat ke bumi di usia 77 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, TALLAHASSEE -- Pada 7 November 1998, senator Amerika Serikat (AS) John Glenn yang juga merupakan astronaut tertua di dunia berhasil mendarat kembali ke Bumi setelah misi sembilan hari. Dia berusia 77 tahun kala itu.

Baca Juga

Dilansir BBC History, Glenn dan enam rekannya di atas roket Space Shuttle Discovery mendarat dengan selamat di Kennedy Space Center, Florida pada pukul 09.03 waktu setempat. Mereka telah melakukan perjalanan lebih dari 3,6 juta mil di ruang angkasa, atau membuat 135 putaran dunia. Alasan resmi NASA mengirimkan Glenn kembali adalah untuk membandingkan efek gaya berat mikro dengan proses penuaannya.

Namun, beberapa kritikus mengatakan, perjalanan tersebut adalah aksi publisitas untuk menghidupkan kembali minat publik dalam program luar angkasa. Hal itu termasuk pembangunan stasiun ruang angkasa internasional senilai 60 miliar AS. Proyek tersebut akan melibatkan 12 negara, dan akan dimulai dengan peluncuran modul pertama pada Desember 1998.

Dokter kepala NASA, Philip Stepaniak mengatakan, Glenn dan anggota kru lainnya bekerja lebih baik dari yang diharapkan. Dia menilai Glenn sebagai sosok yang bersemangat.

Usai mendarat, Glenn bisa berjalan tanpa bantuan menuruni tangga sebelum dipersatukan kembali dengan istrinya, dua anak, dan cucu. Dia bahkan memiliki energi untuk mengambil mic beberapa saat setelah mendarat. "Saya ingin mengulangi pernyataan yang saya buat sejak dulu sekali, kecuali kali ini: One-G dan saya merasa baik-baik saja," kata Glenn.

Dia mengingat perjalanan sebelumnya ke ruang angkasa saat ledakan, dia berkata "Zero-G, dan saya merasa baik-baik saja."

NASA telah menempatkan Pangkalan Udara Edwards di Kalifornia dalam keadaan siaga jika cuaca buruk di pantai timur. Dalam acara tersebut pesawat ulang-alik melakukan pendaratan yang sangat mulus.

Presiden Bill Clinton menyaksikan peluncuran roket misi sembilan hari sebelumnya. Beberapa jam sebelum roket Discovery kembali, presiden mengirim email kepada senator untuk memberinya selamat atas misi yang berhasil.

"Kami sangat bangga padamu dan seluruh kru, dan sedikit cemburu," kata presiden. "Kembali ke Bumi, kita bersenang-senang dengan petualanganmu," ujarnya.

Anggota kru lainnya termasuk pembalap Spanyol pertama di luar angkasa, Pedro Duque, dan satu-satunya wanita, astronot Jepang Chiaki Mukai. 

Pada 1962, Glenn menjadi orang AS pertama yang mengorbit di dalam kapsul Friendship 7 selama lima jam untuk mengelilingi bumi tiga kali sebelum mendarat di Karibia. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA