Senin 11 Nov 2019 00:16 WIB

Pelajar di Rusia Belajar Merakit AK-47

Ulang tahun ke-100 Mikhail Kalashnikov dirayakan di Rusia.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Andri Saubani
Senapan AK 47
Senapan AK 47

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Seratusan siswa di Rusia belajar merakit senapan AK-47 di sebuah taman di Moskow pada Sabtu (9/11). Kehadiran itu untuk memperingati ulang tahun ke-100 penemu senapan legendaris, Mikhail Kalashnikov.

Dilansir Al Arabiya, peringatan ulang tahun ke-100 Kalashnikov ditandai dengan sejumlah acara di antaranya yakni pameran museum, mempelajari film biografi dan patriotisme pada Ahad (10/11). Sehari sebelumnya, yakni pada Sabtu siswa laki-laki dan perempuan mengenakan seragam kamuflase dan ambil bagian dalam kompetisi bermain paintball dan merakit senapan AK-47 yang dibuat Kalashnikov.

“Sedikitnya ada 100 orang membongkar Kalashnikov hari ini,” kata Direktur Organisasi Pemuda Gvardia yang menyelenggarakan kompetisi tersebut, Andrei Starykh pada Ahad (10/11).

Starykh mengatakan, pihaknya secara rutin menyelenggarakan acara itu dan berkumpul setiap akhir pekan meski tak terkait dengan perayaan HUT Kalashnikov. Menurut Starykh, para siswa di Rusia perlu mengetahui kehidupan karenanya mereka harus mengetahui cara merakit senjata yang sudah banyak dikenal orang itu.

AK  47 atau Avtomat Kalashnikova adalah senapan serbu buatan Mikhail Kalashnikov yang meninggal 2013 saat berusia 94 tahun. Ia meninggal sebagai pahlawan nasional Rusia dan menjadi simbol militer negara tersebut. Senapan serbunya iru telah menjadi senjata pilihan bagi gerilyawan dan  pemerintah di seluruh dunia. Hingga kini Lebih dari 100 juta Kalashnikov telah terjual di seluruh dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement