Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Petani Temukan Kendi Raksasa Era Bizantium di Ladangnya

Jumat 15 Nov 2019 08:07 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah

Kendi raksasa era Bizantium

Kendi raksasa era Bizantium

Foto: Daily Sabah
Kendi raksasa tertimbun tanah di ladang petani.

REPUBLIKA.CO.ID, KIRIKKALE – Seorang petani di Provinsi Kirikkale, Turki menemukan sebuah kendi raksasa yang berasal dari era Bizantium. Kendi raksasa kuno ditemukan saat petani itu sedang membajak di ladangnya.  

Baca Juga

Petani yang tinggal di desa Kocubaba distrik Baliseyh pertama kali menemukan kendi raksasa ketika traktornya terganjal kendi itu. Petani itu pun langsung menghubungi keamanan setempat untuk memberi tahu tentang penumpang artefak itu. 

Setelah arkeolog melakukan penelitian, diduga kendi raksasa itu pada masa lalu digunakan untuk menyimpan persediaan makanan. Kendi itu pun langsung dibawa ke Direktorat Kebudayaan dan Pariwisata Kirikkale.  

"Itu digunakan sebagai ruang bawah tanah di era Bizantium," kata Direktur Kebudayaan dan Pariwisata Kirikkale, Aydin Demiroz, seperti dilansir Daily Sabah pada Jumat (15/11).  

Demiroz mengatakan benda itu pun akan dipamerkan di Direktorat Kebudayaan dan Pariwisata pusat. Penemuan benda arkeologi di Turki sudah sering kali di temukan diberbagai wilayah di Turki. Benda-benda bersejarah itu ditemukan pekerja konstruksi, petani, warga. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA