Sabtu 16 Nov 2019 17:45 WIB

Trump Dikabarkan Minta Jepang Tingkatkan Anggaran Pertahanan

Saat ini AS sedang menekan sekutu-sekutu untuk meningkatkan anggaran pertahanan.

Rep: Lintar Satria/ Red: Dwi Murdaningsih
Donald Trump
Foto: republika
Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID,  TOKYO--Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dikabarkan meminta Jepang meningkatkan anggaran pertahanan mereka. Kabarnya Trump meminta Jepang meningkatkan kontribusi mereka untuk pasukan AS yang ada negara itu sebanyak empat kali lipat.

Hal ini pertama kali dilaporkan oleh majalah Foreign Policy tanpa menyebutkan nama sumbernya. Saat ini AS memang sedang menekan sekutu-sekutu mereka untuk meningkatkan anggaran pertahanan.

Pada Sabtu (16/11) Policy melaporkan Washington ingin Tokyo meningkatkan kontribusi mereka dalam membayar gaji tahunan 58 ribu pasukan AS yang ada di Jepang. Dari sebelumnya sebesar 2 miliar dolar AS menjadi 8 miliar dolar AS.

Permintaan ini diajukan kepada pejabat Jepang saat mantan penasihat keamanan Gedung Putih John Bolton dan mantan direktur Dewan Keamanan Nasional wilayah Asia Matt Pottinger mengunjungi negara itu bulan Juli lalu. Juru bicara kementerian luar negeri Jepang mengatakan laporan tersebut tidak benar.

Ia mengatakan belum ada kesepakatan baru dalam negosiasi AS-Jepang. Sementara itu wakil Pemerintah AS belum dapat dimintai komentar.

Banyak sekutu AS yang ditekan oleh pemerintahan Trump. Hal ini juga terjadi pada Korea Selatan (Korsel).

Trump meminta Seoul untuk menanggung beban yang lebih besar atas biaya keberadaan militer AS di Korsel yang bertugas untuk mencegah serangan dari Korea Utara. Hal ini memicu gagasan untuk menarik pasukan AS dari Semananjung Korea.

sumber : reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement