Jumat 22 Nov 2019 06:40 WIB

Kim Jong-un Tolak Hadiri KTT ASEAN di Seoul

Presiden Korsel mengundang Kim Jong-un ke KTT ASEAN di Seoul.

Red: Nur Aini
Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un
Foto: Alexei Nikolsky, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP
Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un

REPUBLIKA.CO.ID, PYONGYANG -- Korea Utara menolak undangan bagi pemimpin Korut Kim Jong-un untuk hadir pada KTT ASEAN di Seoul pekan depan. Negara itu beralasan karena "ini bukan saat yang tepat" mengingat hubungan sedang tegang.

Undangan tersebut dilayangkan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in kepada Kim pada 5 November. Moon juga menawarkan Kim untuk mengirim utusan ke konferensi tingkat tinggi itu jika ia tidak bisa hadir, laporan KCNA.

Baca Juga

Presiden Moon akan menjadi tuan rumah bagi para pemimpin negara-negara anggota ASEAN (Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara) di kota pelabuhan Busan pada pekan depan. Pertemuan itu digelar untuk merayakan 30 tahun kemitraan Korsel dengan ASEAN. Moon sebelumnya mengatakan bahwa Kim mungkin akan hadir pada KTT tersebut.

Selain menyatakan terima kasih kepada Seoul atas undangan itu, Korea Utara meminta "pengertian (Korea Selatan) bahwa kami tidak bisa menemukan alasan yang sah" bagi Kim untuk menghadiri pertemuan itu, kata media Korut, KCNA.

Dalam pernyataan itu, Korut juga menuduh Korsel membahayakan hubungan dengan bergantung pada Amerika Serikat dalam menyelesaikan masalah-masalah antar-Korea. Dua negara Korea itu telah melakukan serangkaian kegiatan diplomatik, termasuk dengan mengadakan tiga kali pertemuan puncak tahun lalu.

Selama pertemuan tersebut, Moon dan Kim setuju untuk meningkatkan hubungan dan memulai kembali prakarsa bisnis yang macet. Namun, selama ini belum ada kemajuan signifikan di tengah pengetatan berbagai sanksi, yang diarahkan pada program nuklir dan rudal Korut, serta pembicaraan antara Pyongyang dan Washington soal pelucutan senjata nuklir.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement