Sabtu 23 Nov 2019 02:25 WIB

Monumen Berusia 8.000 Tahun Ditemukan di Turki

Monumen diduga digunakan sebagai tempat kegiatan dan ritual keagamaan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Dwi Murdaningsih
Sebuah monumen yang diyakini berusia sekitar 8.000 tahun ditemukan di Turki barat laut.
Foto: Anandolu Agency
Sebuah monumen yang diyakini berusia sekitar 8.000 tahun ditemukan di Turki barat laut.

REPUBLIKA.CO.ID, CANAKKALE -- Sebuah monumen yang diyakini berusia sekitar 8.000 tahun ditemukan di Turki barat laut. Tim penggalian sedang berusaha menggali temuan tersebut.

“Selama pekerjaan penggalian tahun ini, kami telah menemukan struktur yang kami yakini berasal dari sekitar 6.000SM,” kata arkeolog dan kepala tim penggalian dari Universitas Trakya, Burcin Erdogu dilansir di Anandolu Agency, Kamis (21/11).

Baca Juga

Tim peneliti pernah menemukan sebuah kompleks bangunan berusia 7.000 tahun di Ugurlu-Zeytinlik di provinsi barat laut kabupaten Gokceada, Canakkale. Erdogu mengatakan penggalian baru merujuk pada sejarah Gokceada sekitar 8.800 tahun lalu.

“Struktur ini merupakan penemuan penting bagi pulau-pulau Aegean dan Anatolia barat,” ujar dia.

Dia menambahkan sebuah monumen berbentuk T merupakan sebuah tugu, berukuran tinggi dengan struktur tapering empat sisi. Tugu terbentuk dari dua bagian, yang saling terhubung oleh tembok sepanjang tujuh meter. Bangunan sejarah itu mengingatkan pada batu yang berdiri di Gobeklitepe, sebuah situs arkeologi yang terletak di provinsi Sanliurfa tenggara Turki.

“Struktur monumental tampak seperti bagian dari area di mana orang berkumpul dan mengadakan beberapa kegiatan dan ritual,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement