Sabtu 23 Nov 2019 15:23 WIB

Jelang Pemilu Hong Kong, Pengepungan Kampus Hampir Usai

Pengepungan kampus universitas Hong Kong selama lebih dari sepekan hampir berakhir

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Polisi menginjak-injak payung di area kampus Hong Kong Polytechnic University. Polisi mengepung kampus dengan ratusan mahasiswa pengunjukrasa di dalamnya
Foto: EPA-EFE/FAZRY ISMAIL
Polisi menginjak-injak payung di area kampus Hong Kong Polytechnic University. Polisi mengepung kampus dengan ratusan mahasiswa pengunjukrasa di dalamnya

REPUBLIKA.CO.ID, HONG KONG -- Pengepungan kampus universitas Hong Kong selama lebih dari sepekan hampir berakhir pada Sabtu (23/11). Pengepungan hampir berakhir dengan segelintir pengunjuk rasa bersembunyi di tempat perlindungan rahasia di halaman yang banyak dengan sampah, saat fokus Hong Kong beralih ke pemilihan daerah.

Akhir dari pengepungan Polytechnic University di semenanjung Kowloon hampir terjadi saat sejumlah pengunjuk rasa secara mati-matian mencari jalan keluar dan yang lainnya berjanji untuk tidak menyerah, beberapa hari setelah kekerasan brutal sejak demonstrasi anti pemerintah berkecamuk pada Juni.

Baca Juga

"Jika mereka menyerbu masuk, banyak tempat untuk kita berlindung," kata Sam (21), mahasiswa yang menyantap mi dalam waktu dua menit di sebuah kafe sambil merencanakan pelariannya dilansir Reuters.

Polisi memasang barikade plastik yang tinggi dan pagar di sekeliling kampus, yang mereka kepung lebih dari sepekan. Pada Sabtu pagi, wartawan Reuters melihat tiga van polisi masuk saat sekitar puluhan petugas siaga.

Sekitar 1.000 orang ditangkap dalam pengepungan di kota yang diperintahkan China tersebut. Sekitar 300 dari mereka berusia di bawah 18 tahun. Seorang anggota Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) berjaga di dalam Gun Club Hill Barracks dekat pagar polisi di ujung universitas.

Sampah busuk dan kotak bom molotov yang tak digunakan berserakan, tempat banyak tingkat bangunan mirip dengan tempat persembunyian yang ditinggalkan dan menyisakan sejumlah barang seperti ransel, masker, dan botol minum.

Sabtu dini hari petugas dinas kebakaran memeriksa bagian sistem pembuangan. Di situ sejumlah mahasiswa berupaya melarikan diri awal pekan ini, dengan meninggalkan ransel, masker, dan juga barang-barang lainnya.

Bentrokan universitas hampir berakhir ketika sebanyak 1.104 orang mencalonkan diri untuk memperebutkan 452 kursi dewan daerah dalam pemilihan Ahad. Tercatat 4,1 juta rakyat Hong Kong, dari populasi 7,4 juta, telah mendaftar untuk memberikan suara mereka dalam pemilihan. Beberapa pegiat muda prodemokrasi kini mencalonkan diri di sejumlah kursi yang tak diperebutkan dan didominasi oleh para calon dari pro-Beijing.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement