Ahad 24 Nov 2019 14:25 WIB

Bloomberg Janji tak Terima Gaji Jika Jadi Presiden AS

Tim Bloomberg telah memesan slot iklan televisi senilai 30 juta dolar AS.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nidia Zuraya
Mantan wali kota New York City Michael Bloomberg mempertimbangkan maju sebagai calon presiden menantang Donald Trump. Foto diambil pada 26 Februari 2019.
Foto: AP Photo/John Locher
Mantan wali kota New York City Michael Bloomberg mempertimbangkan maju sebagai calon presiden menantang Donald Trump. Foto diambil pada 26 Februari 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Michael Bloomberg dikabarkan tidak akan menerima sumbangan dana politik untuk pencalonan dirinya sebagai presiden Amerika Serikat (AS). Menurut sumber yang dekat dengan Bloomberg, miliarder New York itu juga tak akan terima gaji jika ia menang sebagai presiden AS.

"Dia tidak pernah mengambil kontribusi politik dalam hidupnya. Dia tidak akan memulai. Dia tak bisa dibeli," kata kepala penasihat senior Bloomberg, Howard Wolfson. 

Baca Juga

Salah satu orang terkaya di dunia itu mengirimkan setiap indikasi bahwa ia telah memutuskan untuk memasuki pemilihan utama presiden AS dari Partai Demokrat. Dalam beberapa hari terakhir, ia juga telah menciptakan komite kampanye kepresidenan dengan Komisi Pemilihan Federal dan memenuhi syarat untuk pemungutan suara primer di setidaknya tiga negara bagian. 

Tim Bloomberg telah memesan lebih dari 30 juta dolar AS slot iklan televisi yang akan mulai tayang pada Ahad ini di beberapa negara bagian utama.

Kekayaan Bloomberg telah muncul sebagai isu sentral ketika dunia politik AS menunggu pengumuman resmi bahwa ia maju di Pilpres AS 2020 menantang Donald Trump dari Partai Republik. Bloomberg masuk dalam bursa salah satu dari 10 orang terkaya di dunia.

"Saya muak dengan gagasan bahwa Michael Bloomberg atau miliarder mana pun berpikir mereka dapat menghindari proses politik dan menghabiskan puluhan juta dolar untuk membeli pemilu," cicit calon presiden dari Partai Demokrat Bernie Sanders. 

"Jika Anda tidak dapat membangun dukungan akar rumput untuk pencalonan Anda, Anda tidak memiliki bisnis mencalonkan diri sebagai presiden," kata dia menambahkan.

Kandidat Demokrat lain, Senator Minnesota Amy Klobuchar, menyindir Bloomberg saat ia berkampanye akhir pekan di New Hampshire. "Dia tidak ingin berurusan dengan semua kampanye akar rumput ini sejak awal, Anda tahu itu pada dirinya. Saya pikir ini penting," kata Klobuchar.

"Saya pikir Anda ingin memiliki calon presiden yang bersedia keluar, hari demi hari, dan berbicara dengan orang-orang biasa seperti ini," tambahnya.

Tim Bloomberg menegaskan bahwa kekayaannya memungkinkan untuk lebih responsif terhadap keprihatinan orang-orang biasa karena dia tidak terikat pada minat khusus. Wolfson mengatakan, Bloomberg akan bekerja hanya dengan 1 dolar per tahun sebagai presiden, seperti yang dia lakukan ketika dia menjadi wali kota New York City selama lebih dari satu dekade.

Pesan Bloomberg tentang uang hampir sama dengan yang digunakan oleh Trump dalam kampanye 2016-nya, meskipun Trump akhirnya menerima sumbangan jutaan dolar. Trump menyumbangkan gajinya setiap kuartal ke berbagai departemen pemerintah federal.

"Bloomberg sepenuhnya independen dari kepentingan khusus, tidak akan mengambil sepeser pun dalam kontribusi," kata Wolfson.

Keputusan untuk menolak kontribusi  mustahil bagi Bloomberg untuk berpartisipasi dalam debat Demokrat yang disetujui jika ia menjalankannya. Aturan masuk, seperti yang ditetapkan oleh Komite Nasional Demokrat, saat ini mengharuskan peserta untuk memenuhi ambang batas pemungutan suara dan mengumpulkan sumbangan dari puluhan ribu pemilih.

Setiap uang yang dikumpulkan dan dibelanjakan Bloomberg untuk ambisi presidennya akan datang dari satu tempat: sakunya sendiri. Berapa banyak yang mau dia belanjakan?

"Apa pun yang diperlukan untuk mengalahkan Donald Trump," kata Wolfson.

 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement