Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

Ruangan Berisi Berbagai Mumi Hewan Ditemukan di Situs Mesir

Senin 25 Nov 2019 04:11 WIB

Rep: Amri Amrullah./ Red: Muhammad Hafil

Mumi (ilustrasi).

Mumi (ilustrasi).

Foto: The University of Manchester
Ada 75 patung kayu dan perunggu yang ditemukan.

REPUBLIKA.CO.ID,SAQQARA -- Sebuah ruangan yang berisi 75 patung kayu dan perunggu dibongkar dari situs Mesir kuno pada Sabtu (23/11). Dilansir dari AFP, situs gudang tersebut ternyata menyimpan berbagai mumi hewan, di antaranya lima mumi anak singa yang dihiasi dengan hieroglif di nekropolis Saqqara dekat piramida Giza di Kairo.

Baca Juga

Ada juga mumi kucing, kobra, buaya, dan kumbang juga ditemukan di antara mumi yang terawat baik dan benda-benda lain yang ditemukan baru-baru ini.

Kementerian Purbakala Mesir mengumumkan penemuan itu di kaki Kuil Bastet, yang didedikasikan untuk pemujaan kucing di antara orang Mesir kuno, di nekropolis yang luas.

Menteri Purbakala Mesir Khaled El-Enany menggambarkan penemuan itu sebagai "museum (keseluruhan) dengan sendirinya". Dia mengatakan studi arkeologi awal menunjukkan bahwa lima dari mumi adalah anak singa.

Artefak lain yang ditemukan dalam penggalian termasuk patung banteng Apis, musang, ibis, elang, dan dewa Mesir kuno Anubis dalam bentuk binatang.

"Artefak kuno ini diduga milik Dinasti ke-26 Mesir Kuno yang tanggal merujuk ke abad ketujuh SM," kata El-Enany.

Makam itu juga memperlihatkan koleksi dewa-dewa Mesir kuno dalam bentuk 73 patung perunggu yang menggambarkan dewa Osiris, enam patung kayu Ptah-Soker dan 11 patung Sekhmet, dewi kesembuhan dari para kesatria.

Mesir telah berusaha untuk mempromosikan warisan uniknya sebagai cara untuk menghidupkan kembali sektor pariwisata vitalnya, yang telah sangat terpukul oleh ketidakamanan dan serangan politik.

Namun, kritikus mengatakan situs arkeologi dan museum menderita kelalaian dan manajemen yang buruk.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA