Senin 25 Nov 2019 07:38 WIB

Pasukan Turki Sita Bahan Peledak di Suriah Utara

Pasukan keamanan Turki menyita bahan peledak dalam pembersihan di Suriah utara

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Christiyaningsih
Turki serang pasukan Kurdi di Suriah
Foto: Republika
Turki serang pasukan Kurdi di Suriah

REPUBLIKA.CO.ID, SURIAH -- Pasukan keamanan Turki telah menyita bahan peledak dalam kegiatan pencarian dan pembersihan di Suriah utara. Hal ini disampaikan Kementerian Pertahanan Nasional Turki dilansir dari Anadolu Agency, Senin (25/11).

Material yang ditemukan yakni sebagian besar ranjau, peluru mortir, serta bahan dan alat peledak improvisasi. "Seluruhnya kemudian dihancurkan di distrik Ras al-Ayn selama kegiatan pencarian dan pembersihan," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga

Distrik Ras al-Ayn yang terletak di sebelah timur Sungai Efrat di Suriah utara dibersihkan dari kelompok teror selama Operasi Perdamaian Musim Semi anti-teror Turki yang diluncurkan pada 9 Oktober.

Operasi ini bertujuan untuk menghilangkan unsur-unsur kelompok milisi Kurdi dari Suriah utara di sebelah timur Sungai Efrat untuk mengamankan perbatasan Turki, membantu dalam pengembalian yang aman bagi para pengungsi Suriah, dan memastikan integritas wilayah Suriah.

Ankara setuju dengan Washington pada 17 Oktober untuk menghentikan operasinya untuk memungkinkan milisi Kurdi untuk menarik diri dari zona aman yang direncanakan.

Pada 22 Oktober, Ankara dan Moskow mencapai kesepakatan di mana milisi Kurdi akan mundur 30 kilometer (18,6 mil) selatan perbatasan Turki dengan Suriah dalam waktu 150 jam. Pasukan keamanan dari Turki dan Rusia akan melakukan patroli bersama di sana. Turki telah melakukan kampanye melawan teror ini selama lebih dari 30 tahun, terlebih Turki memasukkan kelompok tersebut ke dalam daftar organisasi teroris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement