Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Survei: Perlindungan Lingkungan Jadi Prioritas Utama Warga Eropa

Sabtu 30 Nov 2019 12:38 WIB

Rep: deutsche welle/ Red: deutsche welle

Survei: Perlindungan Lingkungan Jadi Prioritas Utama Warga Eropa

Survei: Perlindungan Lingkungan Jadi Prioritas Utama Warga Eropa

Warga Eropa menjadikan perlindungan lingkungan sebagai prioritas utama

Dalam sebuah survei yang diterbitkan yayasan Bertelsmann-Stiftung di Jerman minggu ini, 40% responden dari 27 negara anggota Uni Eropa (UE) menyebut perlindungan lingkungan sebagai masalah yang paling mendesak. Diikuti oleh perlindungan pekerjaan dengan 34% dan jaminan sosial dengan 23%.

Untuk survei ini, Bertelsmann-Stiftung mewawancarai lebih 12 ribu responden dari 27 negara anggota UE, tidak termasuk Inggris. Studi ini juga secara khusus meneliti sikap responden di enam negara UE, yaitu Jerman, Prancis, Italia, Belanda, Spanyol, dan Polandia.

Survei menemukan, 49% responden di Jerman menginginkan perlindungan iklim menjadi prioritas utama pemerintahnya, sedangkan di Polandia dan Belanda 35% memandang perlindungan lingkungan sebagai topik terpenting, diikuti oleh Spanyol dengan 32%.

Keamanan pekerjaan dan biaya hidup

Ketika ditanya tentang masalah pribadi yang mereka hadapi, responden menyebut peningkatan biaya hidup yang sangat tinggi (51%). Di Prancis, yang beberapa waktu lalu digoyang aksi protes luas "rompi kuning", 61% responden menyebut lonjakan biaya hidup sebagai masalah terbesar. Namun di Jerman, hanya 44% yang berbagi pandangan itu.

"Melindungi lingkungan itu penting bagi warga Eropa, tetapi mereka juga khawatir tentang kenaikan biaya hidup," kata direktur studi, Isabell Hoffmann.

Selain Belanda, perlindungan pekerjaan dianggap sangat penting di empat negara: Italia (60%), Spanyol (40%) dan Prancis (40%). Responden di empat negara itu menganggap keamanan kerja sebagai isu terpenting. Sedangkan persentase warga Jerman yang menganggap keamanan pekerjaan sebagai masalah terpenting jauh lebih rendah daripada di negara Uni Eropa lainnya yang diwawancarai dalam survei.

Mengenai masa depan Uni Eropa sendiri, 90% responden survei ini percaya bahwa Uni Eropa akan terus ada, namun lebih dari sepertiga (35%) warga Eropa mengharapkan ada negara lain yang akan keluar seperti Inggris di masa depan.

Isu-isu lain yang dianggap penting oleh warga Eropa dalam studi ini meliputi kesehatan dan radikalisme politik.

hp/yp (dpa, afp, epd)

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan deutsche welle. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab deutsche welle.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA