Minggu, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 Desember 2019

Minggu, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 Desember 2019

Bolsonaro Tuduh DiCaprio Berperan dalam Kebakaran Amazon

Sabtu 30 Nov 2019 16:10 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani

Foto udara dari area daratan yang terbakar di negara bagian Mato Grosso, Brasil. Menurut laporan media, wilayah Amazon Brazil menderita sejumlah besar kebakaran, dengan peningkatan 84 persen pada periode yang sama tahun lalu.

Foto udara dari area daratan yang terbakar di negara bagian Mato Grosso, Brasil. Menurut laporan media, wilayah Amazon Brazil menderita sejumlah besar kebakaran, dengan peningkatan 84 persen pada periode yang sama tahun lalu.

Foto: EPA-EFE/Rogerio Florentino
DiCaprio menyatakan bangga ikut berjuang dengan organisasi yang melindungi Amazon

REPUBLIKA.CO.ID, RIODEJANEIRO -- Presiden Brasil Jair Bolsonaro menuduh lembaga swadaya masyarakat yang didanai aktor dan aktivis lingkungan Leonardo DiCapiro turut berperan dalam kebakaran di hutan Amazon. Meski begitu, Bolsonaro tidak menunjukkan bukti tuduhannya.

Pemimpin dari sayap kanan itu mengomentari unggahan di media sosial yang mengklaim organisasi lingkungan World Wildlife Fund (WWF) membayar foto yang diambil pemadam kebakaran. Lalu menggunakan foto itu untuk menarik donasi termasuk 500 ribu dolar dari DiCaprio.

WWF membantah menerima donasi dari DiCaprio. Mereka juga menyatakan tidak memiliki foto yang diambil oleh pemadam kebakaran.

"Leonardo DiCaprio ini orang keren kan? Memberikan uang untuk membakar Amazon," kata Bolsonaro di kantor kepresidenan Brasil seperti dilansir dari Aljazirah, Sabtu (30/11).

Organisasi lingkungan DiCaprio, Earth Alliance menyumbangkan 5 juta dolar AS untuk membantu melindungi hutan Amazon. Setelah paru-paru dunia itu mengalami kebakaran besar pada bulan Juli dan Agustus. Namun kepada kantor berita Associated Press, aktor itu mengatakan organisasinya tidak mendanai satu pun dari dua organisasi yang disebutkan penyidik sejauh ini. DiCaprio menyatakan bangga ikut berjuang dengan organisasi yang ingin melindungi hutan Amazon.

"Walaupun layak untuk mendapat dukungan, kami tidak mendanai organisasi yang diincar, masa depan ekosistem yang tak tergantikan ini dalam bahaya dan saya bangga berdiri bersama kelompok yang melindunginya," kata DiCaprio.

Sebelum melakukan tuduhan tanpa dasar terhdap DiCaprio. Polisi Brasil telah menyerbu markas dua organisasi nirlaba di negara bagian Para pekan ini. Polisi Brasil juga menangkap empat sukarelawan pemadam kebakaran. Polisi mengatakan mereka sedang menyelidiki dua organisasi itu yang dituduh menyalahkan api untuk mendapatkan uang sumbangan dari para pendonor yang bersimpati.

Para sukarelawan tersebut membantah semua tuduhan. Hakim pun sudah memerintahkan untuk membebaskan mereka. Politisi dan lembaga nirlaba lainnya mengkritik keras penangkapan tersebut. Mereka mengatakan penangkapan itu sebagai bagian upaya pemerintah Bolsonaro menekan organisasi-organisasi lingkungan.

sumber : AP
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA