Jumat 06 Dec 2019 02:55 WIB

Hong Kong Jadi Kota Paling Sering Dikunjungi Selama 2019

Kedekatan Hongkong dengan China menjadi daya tarik tersendiri.

Rep: Riza Wahyu Pratama/ Red: Gita Amanda
Hong Kong menjadi salah satu kota yang paling sering di kunjungi pada 2019. Foto Disneyland Hong Kong, (ilustrasi).
Foto: EPA
Hong Kong menjadi salah satu kota yang paling sering di kunjungi pada 2019. Foto Disneyland Hong Kong, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, HONG KONG -- Hong Kong masih menjadi kota yang paling banyak dikunjungi pada tahun 2019. Meskipun ada protes antipemerintah yang berlangsung sejak Juni, nampaknya hal itu tidak mengurangi niat wisatawan untuk mengunjunginya.

Kedekatan Hong Kong dengan China menjadi daya tarik tersendiri. Pasalnya, lebih dari 50 persen pengunjung datang dari negeri tirai bambu itu. Promo semarak belanja dan warisan budaya yang kuat merupakan faktor pendorong yang kuat.

Baca Juga

Pada tahun ini, setidaknya Hongkong telah dikunjungi oleh hampir 27 juta orang. Survei itu dikeluarkan oleh Euromonitor 2019 dalam laporan Top 100 Destinations. Pada tahun 2017 dan 2018, Hong Kong juga merupakan kota yang paling banyak dikunjungi di dunia.

Diperkirakan, hingga akhir 2019, akan ada 26,7 juta orang yang berkunjung ke kota yang berada di sebelah selatan Cina itu. Angka tersebut turun 8,7 persen jika dibandingkan tahun 2018. Diperkirakan penurunan itu disebabkan karena adanya protes.

Menurut Euromonitor, kota-kota di Asia tumbuh menjadi destinasi dengan jumlah wisatawan internasional terbanyak. Setidaknya dalam daftar 100 kota itu, ada 42 kota yang berasal dari Asia, sebagaimana dilansir Independent.co.uk, Rabu (4/12).

Dari sepuluh urutan teratas, ada beberapa Kota di Asia yang menjadi destinasi unggulan. Pada urutan kedua terdapat Bangkok, Thailand dengan 25,8 juta orang: Macau, Cina dengan 20,6 juta orang, dan Singapura pada urutan keempat dengan 19,7 juta orang. Selain itu, terdapat pula Delhi, India di urutan kedelapan dan Kuala Lumpur, Malaysia pada urutan kesepuluh.

Pada urutan kelima, London mewakili Eropa dengan perkiraan jumlah wisatawan internasional mencapai 19,6 juta. Kemudian, Paris menyusul pada urutan keenam dengan 19 juta wisatawan.

Sementara untuk wilayah Asia Barat, Dubai menjadi satu-satunya perwakilan yang mampu menduduki urutan ketujuh, dengan jumlah wisatawan sebesar 16,3 juta orang. Kemudian, Istanbul, Turki berada pada urutan kesembilan dengan jumlah kunjungan 14,7 juta jiwa.

Dalam sepuluh urutan teratas itu, tidak ada kota di Amerika Utara yang terletak dalam 10 kota teratas. Meskipun demikian, New York menjadi kota di urutan ke-11 dengan jumlah kunjungan wisatawan mencapai 14 juta orang.

10 kota yang banyak dikunjungi tahun 2019 adalah:

1. Hongkong, China

2. Bangkok, Thailand

3. Macau, China

4. Singapura

5. London, Inggris

6. Paris, Perancis

7. Dubai, Uni Emirat Arab

8. Delhi, India

9. Istanbul, Turki

10. Kuala Lumpur, Malaysia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement