Ahad 08 Dec 2019 06:31 WIB

AS dan Iran Lakukan Pertukaran Tahanan

Swiss memfasilitasi pertukaran tahanan AS dan Iran.

Ilustrasi Tangan Di Borgol
Foto: Republika/Kurnia Fakhrini
Ilustrasi Tangan Di Borgol

REPUBLIKA.CO.ID, ZURICH -- Amerika Serikat (AS) dan Iran mempertukarkan tahanan pada Sabtu (7/12). Pertukaran tahanan tersebut terjadi di saat hubungan keduanya semakin memburuk sejak Presiden Donald Trump berkuasa.

Kedua negara mempertukarkan warga Amerika keturunan China Xiyue Wang, yang ditahan selama tiga tahun atas tuduhan melakukan kegiatan mata-mata. Sedangkan tahanan Iran yang dipertukarkan adalah Massoud Soleimani.

Baca Juga

Trump mengatakan Wang sudah kembali ke AS dan seorang pejabat Iran mengatakan Soleimani dibebaskan dari penahanan di AS.

Swiss memfasilitasi pertukaran tahanan tersebut. Kantor berita Iran IRNA melaporkan Menteri Luar Negeri Javad Zarif menyambut Soelimani di Zurich, tempat dimana pertukaran tahanan dilakukan.

Dalam sebuah pernyataan oleh Gedung Putih, Trump tak menyebut pembebasan Soleimani melainkan berterima kasih kepada pemerintah Swiss atas bantuannya dalam perundingan bagi pembebasan Wang.

"Pembebasan orang-orang Amerika yang ditahan merupakan hal sangat penting bagi pemerintahan saya, dan kami akan terus bekerja keras memulangkan warga negara kami yang ditahan dengan cara salah di luar negeri," kata dia.

Sebelumnya Zarif mengatakan pertukaran tahanan sangat penting. Kemudian dia memasang foto-foto dirinya bersama Soleimani di Twitter.

"Senang Prof Massoud Soleimani dan Tuan Xiyue Wang akan berkumpul dengan keluarga mereka. Terima kasih banyak kepada semua pihak yang terlibat, khususnya pemerintah Swiss," cuit Zarif.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement