Selasa, 3 Jumadil Akhir 1441 / 28 Januari 2020

Selasa, 3 Jumadil Akhir 1441 / 28 Januari 2020

Ribuan Warga Inggris Tidur di Jalan untuk Dukung Tunawisma

Senin 09 Des 2019 03:45 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Friska Yolanda

Warga London berpartisipasi dalam World

Warga London berpartisipasi dalam World

Foto: Jonathan BradyPA via AP
Warga Inggris mendorong rumah singgah yang layak untuk tunawisma.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Ribuan warga Inggris tidur di jalan sebagai bentuk dukungan penggalangan dana untuk para tunawisma. Gerakan bertajuk 'World's Big Sleep Out' itu berlangsung di Kota London, Edinburgh, dan Cardiff sejak Sabtu (7/12) malam hingga Ahad (8/12) pagi.

Trafalgar Square di London penuh dengan kantong tidur sejak Sabtu. Para pendukung gerakan tetap tidur di luar meski temperatur malam itu tercatat 10 derajat Celsius dan turun hujan deras. Mereka mengatakan,tunawisma menghadapi kondisi buruk yang sama setiap hari.

Kantor Statistik Nasional Inggris mencatat peningkatan jumlah tunawisma yang tidak memiliki rumah di Inggris, Wales, dan Irlandia Utara. Akan tetapi, jumlahnya di Skotlandia diprediksi menurun berdasarkan aplikasi tunawisma.

Para selebritas ikut ambil bagian dalam gerakan, termasuk aktris Inggris Helen Mirren yang membacakan dongeng sebelum tidur untuk mereka yang tidur di luar. Aktor veteran Brian Cox juga terlihat di West Princes Street Gardens di Edinburgh.

Sementara di New York, Amerika Serikat, aktor Will Smith memberikan pidato terkait gerakan sama. Penyelenggara gerakan mengharapkan lebih dari 50 ribu orang ambil bagian secara global, termasuk di Brisbane dan Dublin.

Inisiatif merupakan bagian dari upaya global mengumpulkan dana sekitar 50 juta dolar AS untuk yayasan yang membantu para tunawisma. Louise Casey, pengawas Big Sleep Out, mengatakan gerakan kemarin menjadi hal simbolis.

Penggagas kampanye "World's Big Sleep Out" adalah Josh Littlejohn, salah satu pendiri toko sandwich dan badan amal Skotlandia, Social Bite. Badan amal itu telah mendapat kunjungan sejumlah selebritas, termasuk George Clooney dan Leonardo DiCaprio, dikutip dari laman Gulf Today.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA