Selasa 10 Dec 2019 05:10 WIB

India Miliki Kasus Malaria Terbesar di Dunia

India masih menyumbang sejumlah besar malaria di dunia.

Rep: Puti Almas/ Red: Muhammad Hafil
India Miliki Kasus Malaria Terbesar di Dunia. Foto: Nyamuk Malaria (Ilustrasi).
Foto: ABC News
India Miliki Kasus Malaria Terbesar di Dunia. Foto: Nyamuk Malaria (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI — India menjadi salah satu negara dengan kasus malaria terbesar di dunia. Dilansir Prensa Latina, tercatat penyakit ini sempat mengalami angka penurunan pada 2018, namun angka penderita penyakit ini tetap menjadi yang terbanyak di dunia.

Menurut laporan World Report 2019, India masih menyumbang sejumlah besar malaria di dunia. Selain itu, terdapat 19 negara di wilayah sub Sahara yang tercatat dengan hampir 85 persen kasus malaria.

Baca Juga

Pada 2018, India melaporkan jumlah kasus malaria berkurang hingga 51 persen, dibandingkan 2017 dan berbeda 60 persen dengan jumlah yang ada pada 2016. Meski demikian, negara ini tetap menyumbang 58 persen kasus malaria di Asia.

Malaria merupakan penyakit yang disebabkan oleh parasit plasmodium dan diturlarkan melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi. Biasanya, penderita akan merasakan gejala-gejala seperti demam, mengigigil, sakit kepala, hingga berkeringat, dan suhu tubuh bisa kembali normal.

Penanganan penyakit ini harus segera dilakukan untuk mencegah resiko komplikasi yang berbahaya. Beberapa komplikasi serius akibat malaria di antaranya adalah anemia berat, hipoglikemia, kerusakan otak, hingga fungsi organ yang gagal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement