Tuesday, 3 Jumadil Akhir 1441 / 28 January 2020

Tuesday, 3 Jumadil Akhir 1441 / 28 January 2020

Nama Muhammad Masuk 10 Besar Populer Bayi di AS

Selasa 10 Dec 2019 07:25 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Teguh Firmansyah

Nama Nabi Muhammad (ilustrasi).

Nama Nabi Muhammad (ilustrasi).

Foto: smileyandwest.ning.com
Nama Muhammad naik empat tingkat dari tahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON DC -- Untuk pertama kalinya, Muhammad menjadi salah satu dari 10 nama bayi paling populer untuk anak laki-laki di Amerika Serikat. Hal ini didapat dari data yang dimiliki situs pengasuhan BabyCenter.

Seperti dilansir di CNN, Muhammad tahun 2019 ini berada di peringkat 10, naik empat tingkat dari tahun lalu. Nama ini terus naik di peringkat BabyCenter selama bertahun-tahun dan pertama kali masuk 100 besar pada 2013.

"Keluarga Muslim sering memilih nama Muhammad untuk putra sulung mereka untuk menghormati Nabi dan membawa berkah bagi anak itu," ujar pemimpin redaksi global BabyCenter, Linda Murray dikutip di CNN, Selasa (10/12).

Nama Muhammad sendiri disebut memiliki beberapa bentuk ejaan. Hal itu membantu sebuah nama bisa masuk ke dalam peringkat 10 besar. Ejaan dimaksud seperti Mohammad dan Muhammad.

Baca Juga

Sementara itu, Liam pada 2019 ini menempati peringkat pertama dan menjadi nama paling populer untuk anak laki-laki. Adapun Jackson menempati posisi kedua dan turun dari juara bertahan selama enam tahun berturut-turut. 

Untuk nama anak perempuan, Sophia masih menduduki peringkat teratas dan menandai satu dekade sebagai pilihan utama. BabyCenter mengatakan, data ini berasal dari hampir 600 ribu orang tua yang membagikan nama bayi mereka kepada organisasi tersebut pada 2019.

Administrasi Jaminan Sosial Amerika Serikat juga memeringkat popularitas nama-nama bayi menggunakan catatan semua bayi yang lahir di AS. Namun agensi ini memperlakukan setiap ejaan unik sebagai nama yang terpisah.

Meski belum merilis daftar sendiri, tetapi data Jaminan Sosial menunjukkan Muhammad naik dari No. 620 pada 2000 menjadi No. 345 pada 2018. Agensi tidak memasukkan ejaan yang bervariasi namun memiliki makna sama dalam peringkat mereka.

Nama-nama asal Arab menurut BabyCenter sedang meningkat.  Ketika Muhammad masuk ke 10 besar untuk anak laki-laki, untuk anak perempuan nama Aaliyah masuk dalam peringkat 10 besar. Isla, nama asal Skotlandia, juga naik 38 peringkat dari tahun lalu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA