Sabtu 14 Dec 2019 07:23 WIB

Indonesia Ucapkan Selamat Terpilihnya PM Boris Johnson

Pemerintah Indonesia yakin bahwa hubungan Indonesia-UK akan terus erat

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson
Foto: AP Photo/Matt Dunham
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON - Indonesia mengucapkan selamat atas terselenggaranya pemilu di United Kingdom (UK) dan ucapan selamat juga untuk PM Boris Johnson serta Partai Konservatif sebagai pemenang pemilu.

Dubes Indonesia untuk Inggris Rizal Sukma mengatakan Pemerintah Indonesia yakin bahwa hubungan Indonesia-UK akan terus erat dan kerja sama akan semakin meningkat pula.

Sementara itu pengamat masalah politik warga Inggris kelahiran Wales, Jason Marc mengatakan dengan kemenangan PM Boris Johnson ini pemerintah Negara Inggris telah mempunyai kekuasaan penuh untuk menentukan nasib rakyat Inggris yang telah memilih untuk keluar dari Uni Eropa (EU).

Rencana keluar dari EU pada 31 Januari bisa terlaksana dengan baik. Boris berjanji tidak akan mengecewakan pemilih yang telah percaya kepadanya untuk menyelesaikan persoalan negara ini yaitu harus keluar dari EU.

Dari hasil pemilihan umum yang perhitungan hingga dini hari Konservatif mendapatkan 365 kursi, Partai Buruh memenangkan 203 kursi, Partai Nasional Skotlandia 48, Demokrat Liberal 11, sementara sisanya sebanyak 23 diraih oleh Partai kecil.

Sementara itu, kemenangan Boris Johnson membuat banyak warga Inggris tidak puas dan membuat mereka marah. Malam Sabtu, pengunjuk rasa telah memutuskan untuk berbaris di Downing Street dan di London tengah meneriakkan "bukan Perdana Menteri saya" (“Not my PM”).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement