Kamis 19 Dec 2019 10:32 WIB

Gubernur Washington Ingin Atasi Masalah Tunawisma

Washington memiliki tingkat tunawisma per kapita tertinggi kelima di AS

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih
Washington memiliki tingkat tunawisma per kapita tertinggi kelima di AS. Ilustrasi.
Washington memiliki tingkat tunawisma per kapita tertinggi kelima di AS. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, SEATTLE -- Gubernur Washington Jay Inslee mengatakan ingin menggunakan dana anggaran cadangan darurat sebesar 300 juta dolar AS. Dana tersebut untuk menambah dua ribu kasur di tempat penampungan dan mengatasi maraknya tunawisma di negara bagian itu.

Saat mengungkapkan rencana belanja pemerintahannya yang sebesar 52,5 miliar dolar AS, Inslee mengatakan Washington harus berusaha lebih untuk memberikan perumahan bagi rakyat. Washington memiliki tingkat tunawisma per kapita tertinggi kelima di AS.

Baca Juga

"Masalah tunawisma ini menyentuh semua bagian negara bagian," kata Inslee di Olympia, Washington, Kamis (19/12).   

Selain ingin menambah jumlah kasur di tempat penampungan, Inslee juga ingin menyewakan rumah dan bentuk bantuan perumahan lainnya kepada tiga ribu orang.

Rencananya ini membutuhkan dana sebesar 146 juta dolar AS dari anggaran siklus dua tahunan 2019-2021. Tapi rencana politisi dari Partai Demokrat itu akan memakan biaya sebesar 300 juta dolar AS dalam tiga tahun. 

Legislastif Negara Bagian Washington yang dikuasai Demokrat akan menggelar sidang pada bulan depan. Dalam sidang itu mereka akan mempertimbangkan rencana Inslee.

"Ada kontras yang nyata antara apa gubernur lihat penting dan apa yang Senat dari Partai Republik dengar dari masyarakat," kata Senat dari Partai Republik John Braun.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement