Ahad 22 Dec 2019 07:12 WIB

Populasi Dunia Capai 7,75 Miliar di Akhir 2019

Peningkatan jumlah populasi ini adalah perkiraan dari sebuah yayasan di Jerman yang memantau populasi dunia. Angka populasi 8 miliar disebut akan tercapai di tahun 2023.

Rep: deutsche welle/ Red: deutsche welle
Reuters/NASA
Reuters/NASA

Di akhir tahun ini akan ada sekitar 7,75 miliar orang yang hidup di Bumi, menurut Yayasan untuk Populasi Dunia Jerman (DSW). Perkiraan tersebut mengukur bahwa populasi dunia telah meningkat sebesar 83 juta sejak 1 Januari 2019, setara dengan jumlah penduduk Jerman.

Menurut DSW, populasi dunia meningkat sebanyak 156 setiap menit. DSW memperkirakan populasi dunia akan melampaui angka 8 miliar dalam waktu 4 tahun.

Baca juga: Bisakah Pendidikan Seks Atasi Ledakan Populasi di Pakistan?

Populasi Afrika meningkat dua kali lipat di 2050

Yayasan ini juga memperkirakan bahwa populasi Afrika akan berlipat ganda selama 20 tahun ke depan. Seorang ibu di Afrika rata-rata melahirkan 4,4 anak dibandingkan rata-rata global yaitu 2,4 anak.

Laporan “Prospek Populasi Dunia” PBB yang dirilis pada Juni tahun ini memprediksi bahwa populasi dunia akan tumbuh menjadi 9,7 miliar pada tahun 2050.

Dewan Pakar: Iklim dan Keamanan Pangan Terancam, Manusia Harus Berubah

Laporan yang sama juga memprediksi bahwa 30 tahun mendatang, lebih dari setengah populasi dunia akan terkonsentrasi di India, Nigeria, Pakistan, Republik Demokratik Kongo, Ethiopia, Tanzania, Indonesia, Mesir dan Amerika Serikat.

Selain itu, India diperkirakan akan menyusul Cina sebagai negara terpadat di dunia pada tahun 2027.

gtp/yp (dpa)

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan deutsche welle. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab deutsche welle.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement