Selasa 24 Dec 2019 04:19 WIB

Arab Saudi Libatkan Pesohor Promosikan Wisata di Medsos

Arab Saudi melibatkan pesohor termasuk supermodel promosikan wisata di medsos

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih
Wanita Arab Saudi menonton konser jaz di Riyadh. Arab Saudi melibatkan pesohor termasuk supermodel untuk mempromosikan wisata di medsos. Ilustrasi.
Foto: Amel Pain/EPA
Wanita Arab Saudi menonton konser jaz di Riyadh. Arab Saudi melibatkan pesohor termasuk supermodel untuk mempromosikan wisata di medsos. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, DIRIYAH -- Akhir pekan ini Riyadh, Arab Saudi, menunjukan sisi modern dengan promosi dari berbagai kalangan, termasuk supermodel, pakar media sosial (medsos), penata rias, dan penata rambut terkenal. Mereka menjadi agen yang menampilkan perubahan drastis dari upaya peningkatan ekonomi Saudi.

Mereka yang diundang berpose di sebuah konser dengan celana kulit, sweater tebal, dan sepatu bot hitam trendi. Tidak lupa, mereka pun memposting Instagram dengan sengaja menandai lokasi di Riyadh.

Baca Juga

Mantan model Victoria's Secret, termasuk Alessandra Ambrosio, aktor-aktor Hollywood seperti Ryan Phillipe, Ed Westwick dan Wilmer Valderrama diundang ke Arab Saudi selama akhir pekan. Mereka mempromosikan citra Arab Saudi untuk kaum muda di luar negeri.

Ledakan posting media sosial membantu menarik perhatian pada kunjungan DL Beast, ekstravaganza musik tiga hari di Riyadh. Menurut General Entertainment Authority, acara ini menarik lebih dari 130 ribu pengunjung pada hari pertama saja.

Lebih dari 70 DJ terkenal di dunia diundang untuk tampil di lima panggung dengan latar belakang pertunjukan surealis. Pria dan wanita berbaur dan menari di acara yang belum pernah terjadi sebelumnya. Ribuan orang menunggu berjam-jam untuk masuk.

"Tidak ada yang bisa membayangkan segala sesuatu yang terjadi. Kami tidak pernah berpikir kami bisa mencapai titik ini dalam waktu 30 tahun. Ini merupakan transformasi besar dalam waktu singkat," kata Abdullah Abulkheir, seorang Saudi berusia 28 tahun yang mengunjungi Diriyah.

Akun media sosial populer Diet Prada menyebutkan beberapa selebritas yang hadir diduga menerima bayaran hingga enam digit untuk hadir. Mereka mendapatkan kewajiban untuk mengunggah di media sosial sebagai upaya merehabilitasi citra Arab Saudi.

Ini menjadi langkah lanjutan setelah kerajaan memperbolehkan pendirian bioskop dan penyelenggaraan konser. Wanita diizinkan untuk mengemudi dan bepergian tanpa izin pria. Wanita juga bisa duduk dengan pria tanpa diatur di restoran.

Kerajaan mulai mengeluarkan visa turis tahun ini. Pengunjung wanita tidak diharuskan mengenakan abaya dan kerudung di depan umum. "Baik pria maupun wanita diminta untuk berpakaian sopan di depan umum, menghindari pakaian ketat. Wanita harus menutupi bahu dan lutut mereka di depan umum," ujar penjelasan di bandara tentang tata cara berpakaian.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement