Rabu 25 Dec 2019 16:39 WIB

Dua Gempa Kuat Guncang Kolombia

Guncangan gempa dirasakan di sejumlah kota besar Kolombia tengah, termasuk Bogota.

Red: Nur Aini
Seorang pria memakai bendera Kolombia
Foto: REUTERS / Marcos Brindicci
Seorang pria memakai bendera Kolombia

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOTA -- Dua gempa, dengan kekuatan 6,2 dan 5,7 magnitudo, mengguncang Kolombia Tengah pada Selasa (24/12). Colombia Geological Service mengatakan belum ada laporan mengenai korban atau kerusakan besar akibat gempa tersebut.

Gempa di Kolombia terjadi berdekatan dan berselisih beberapa menit. Pusat gempa berada sekitar 150 kilometer (93 mil) di sebelah selatan Ibu Kota Kolombia, Bogota, di Provinsi Meta di bagian tengah negeri itu, dan pada kedalaman dangkal sehingga bisa menambah kekuatan dampaknya.

Baca Juga

Gempa dengan kekuatan 6,2 dipandang kuat dan bisa mengakibatkan kerusakan parah, tetapi daerah tersebut tidak berpenduduk padat. US Geological Survey menyebut kekuatan gempa sebesar 6,0 dan 5,8 SR. Guncangan dirasakan di beberapa kota besar di bagian tengah dan barat daya negeri itu, termasuk Bogota.

Wilayah pusat gempa adalah lokasi kegiatan minyak dan pertanian, tapi lembaga penanganan bencana di negeri tersebut mengatakan di akun Twitternya bahwa lembaga itu belum menerima laporan mengenai kerusakan. Seorang juru bicara perusahaan minyak milik negara, Ecopetrol, yang memiliki banyak prasarana di dataran rendah bagian timur negeri tersebut, mengatakan semua instalasinya beroperasi secara normal. Gempa relatif sering terjadi di Kolombia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement